373.745 Orang Telah Dicabut Kepesertaannya Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka

373.745 Orang Telah Dicabut Kepesertaannya Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka

Simak informasi mengenai pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11, sebanyak 28.786 penerimatelah dicabut kepesertaannya. Dibuka atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 masih menjadi pertanyaan bagi calon peserta yang ingin mendaftar. "Keputusan penambahan gelombang beserta kuotanya ada di tangan Komite Cipta Kerja (KCK)," imbuh Louisa.

Sementara itu, kesempatan bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang 9 untuk membeli pelatihan pertamanya telah ditutup pada Jumat (23/10/2020) lalu. Alhasil, sebanyak 28.786 penerima Kartu Prakerja gelombang 9 dicabut kepesertaannya lantaran tidak membeli pelatihan pertama mereka. "Untuk gelombang 9, 28.786 kepesertaan sudah dicabut," ujar Louisa, dikutip dari , Senin (26/10/2020).

Sebagai informasi, jumlah penerima program yang dicabut kepesertaannya pada gelombang 1 hingga 8 sebanyak 344.959 orang, dan secara keseluruhan peserta yang telah dicabut kepesertaannya berjumlah 373.745 orang. Louisa juga menegaskan, peserta yang sudah dicabut kepesertaannya akan di blacklist sehingga tidak boleh mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Saldo bantuan pelatihannya pun akan hangus dan dana akan dikembalikan ke ke kas umum negara (RKUN).

"(Penerima yang sudah ditarik kepesertaannya) tidak mungkin (kembali mendaftar) karena nama dan NIK mereka dimasukkan dalam blacklist ," tambahnya. Jumlah dana yang dikembalikan ke kas umum negara (RKUN) hingga gelombang 9 berjumlah Rp 1,32 triliun. Dilansir , pemerintah menyatakan akan menggunakan dana insentif Kartu Prakerja yang telah dikembalikan ke rekening kas umum negara (RKUN) untuk membuka pendaftaran gelombang 11.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin. "Kemungkinan iya (dana yang dikembalikan) akan digunakan untuk batch 11," ujarnya. Calon peserta Kartu Prakerja gelombang 11 harus lebih berhati hati.

Diketahui, telah tersebar sebuah pesan di WhatsApp mengenai pendaftaran Kartu Prakerja yang dilakukan melalui situs . Bagi calon peserta Kartu Prakerja dimohon untuk tidak mengakses situs tersebut, karena pendaftaran Kartu Prakerja hanya dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id atau klik . Berikut bunyi pesannya:

Daftar Prakerja Sekarang Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan Langkah untuk mendaftar Prakerja Harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

Menanggapi hal tersebut, pihak Kartu Prakerja telah memberi imbauan melalui akun Instagram resminya @prakerja.go.id . "Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya! Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id

Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini: 0800 150 3001 (bebas pulsa)" "Whoa! Are you sure you want to go there? May be risky to visit"

Berkedok situs pendaftaran Kartu Prakerja, pada kenyataannya pengakses akan diarahkan ke situs yang mengunduh program. Hasil dari penelusurannya juga selalu berubah. Kemudian pada percobaan selanjutnya, pengakses diarahkan ke situs belanja online.

Namun, jika menggunakan smartphone , pengakses diarahkan langsung ke website yang mirip sekali dengan situs Kartu Prakerja asli. Berdasarkan Pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, Kartu Prakerja diberikan kepada para pencari kerja dengan rincian sebagai berikut: Pekerja/buruh yang terkena PHK.

Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima buruh, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Para pencari kerja dan pekerja/buruh yang dimaksud harus memenuhi persyaratan berikut: Calon pemilik Kartu Prakerja hanya dari kalangan Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP.

Berusia paling rendah 18 tahun. Calon pemilik Kartu Prakerja harus dari kalangan yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal. 1. Akses laman dan pastikan Anda memiliki e mail aktif.

2. Pilih "Daftar Sekarang". 3. Masukkan nama lengkap, e mail , dan kata sandi. 4. Klik "Daftar".

5. Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi melalui email. 6. Buka email Anda, dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via e mail . 7. Pendaftaran berhasil, dan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja.

1. Buka laman , klik Login atau Masuk pada Laman Depan. 2. Masukkan e mail dan kata sandi akun, kemudian Klik "Login". 3. Setelah berhasil masuk ke akun Anda, isi verifikasi KTP dan tanggal lahir.

4. Klik "Berikutnya". 5. Lengkapi data diri Anda, unggah foto KTP dan swafoto Anda dengan KTP. 6. Lakukan Verifikasi Nomor Telepon.

7. Klik "Kirim". 8. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. 9. Klik "Verifikasi".

10. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik "Oke". 11. Berikutnya Anda wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Klik "Mulai Tes Sekarang". Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.

12. Pendaftaran akan segera selesai, Anda tinggal ikut seleksi gelombang, pilih lah gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili. 13. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi di Dashboard akun, apakah lolos atau bisa ikut gelombang yang Anda pilih. Peserta yang gagal pada seleksi sebelumnya, tidak perlu mendaftar ulang dari awal. Nantinya, mereka hanya tinggal memilih gelombang melalui akun yang sebelumnya sudah terdaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *