asuransi kesehatan yang bagus

5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Pada Agen Asuransi

Posted by

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi, kita wajib mengetahui hal-hal penting mengenai asuransi tersebut. Seperti apa asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan yang bagus dan cocok dengan kebutuhan kita, untuk meminimalisir resiko kerugian kedepannya.

 

Pertanyaan mengenai asuransi yang sering ditanyakan, umumnya seperti manfaat asuransi, apa yang yang ditanggung, besaran premi yang harus dibayarkan, bagaimana cara klaim, seberapa luas rekanan perusahaan asuransi, dan bagaimana cara jika ingin menutup polis asuransi. Namun, ternyata dibalik hal-hal mendasar seperti itu, ada beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan dari agen asuransi, sehingga tidak menimbulkan miss informasi setelah membeli dan menggunakan asuransi.

 

Bagi yang baru pertama kali membeli asuransi, memang sedikit membingungkan karena banyak istilah yang dipakai, serta umumnya kita belum mengetahui indikator yang tepat sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam membeli suatu produk asuransi. Maka selain pertanyaan mendasar tadi, ketahui 5 pertanyaan ini wajib pada agen asuransi yang dikutip dari situs moneyduck.com:

 

1. Tanyakan Tentang Reputasi Perusahaan Asuransi

 

Asuransi adalah salah satu perencanaan keuangan jangka panjang, sehingga Anda perlu tahu jelas mengenai perusahaan yang akan mengelola uang Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya kasus gagal bayar atau gagal klaim dari pihak asuransi. Jadi, calon nasabah wajib menanyakan perihal profil dan riwayat klaim dari perusahaan asuransi tersebut. Hal yang wajib diketahui seperti berapa lama perusahaan menjalankan bisnis, skala bisnis perusahaan, peringkat dan prestasi yang pernah diraih, dan sudah pasti wajib terdaftar di OJK.

 

2. Tanyakan Proteksi Mencakup Apa Saja

 

Jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, tanyakan jenis penyakit pada yang ditanggung oleh asuransi. Apabila Anda memiliki peluang terkena penyakit kritis karena faktor keturunan, Anda bisa tanyakan apakah proteksinya mencakup penyakit kritis atau tidak. Kemudian, berkaca dari pandemi yang terjadi, tanyakan juga apakah proteksinya bisa untuk wabah atau virus seperti Covid 19. Terus, jika Anda ingin membeli asuransi kendaraan, tanyakan secara rinci cakupan comprehensive loss atau total loss only. Jangan sampai ada salah persepsi kedepannya yang belum dipahami dan akan merugikan Anda.

 

3. Tanyakan Besaran Pertanggungan

 

Jika Anda ingin membeli asuransi jiwa, dimana asuransi jiwa akan memberikan besaran biaya pertanggungan atau santunan kepada ahli waris yang ditinggalkan, maka Anda perlu tahu besaran pertanggungan yang akan diberikan.

 

4. Tanyakan Pembayaran Premi dan Proses Klaim

 

Ada beberapa hal yang wajib ditanyakan pada Agen asuransi mengenai pembayaran premi dan proses klaim, sebagai berikut:

  • Sistem yang diterapkan untuk pembayaran premi seperti apa? Apakah per bulan, per semester, atau per tahun?
  • Metode pembayaran seperti apa? Apakah Transfer sendiri via bank, harus ke kantor cabang terdekat, atau autodebet dari kartu debit/rekening bank?
  • Untuk asuransi kesehatan, proses klaimnya cashless atau reimbursement?
  • Dokumen yang perlu disiapkan untuk proses klaim apa saja, dan ke mana harus mengirim dokumen tersebut?

 

5. Tanyakan Konsekuensi Jika Gagal Bayar Premi

 

Pertanyaan terakhir ini jangan sampai lupa untuk ditanyakan. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi di masa yang akan datang. Jadi untuk kemungkinan terburuk jika Anda tidak mampu atau gagal membayar premi, kira-kira konsekuensi seperti apa yang diberlakukan dari pihak asuransi. Apakah ada masa tenggang premi atau cuti premi?

 

Selain lima pertanyaan diatas, Anda juga bisa tambahkan dengan pertanyaan apakah Anda bisa membatalkan polis asuransi? Ketahui semua perihal asuransi secara mendetail. Memiliki asuransi adalah sebuah tindakan yang bijak, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Maka dari itu, penting untuk lebih paham sehingga tidak salah mengambil produk asuransi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.