Aksi Heroik Pria di Batanghari Jambi Gigit Buntut Ular Piton Demi Selamatkan Seekor Kucing

Aksi Heroik Pria di Batanghari Jambi Gigit Buntut Ular Piton Demi Selamatkan Seekor Kucing

Seorang pria di Kabupaten Batanghari, Jambi, nekat menggigit buntut ular piton demi menyelamatkan seekor kucing dari cengkraman binatang melata tersebut. Aksi heroik tersebut terjadi di Pasar Kramat Tinggi, Batanghari, Jambi, Rabu (29/4/2020) pagi. Kemunculan ular piton atau ular sanca tersebut awalnya tidak diketahui pedagang yang berada di pasar tersebut.

Hingga akhirnya Yusuf mendengar suara kucing mengeong keras dan akhirnya kemunculan ular besar itu diketahui. Yusuf menemukan ular berukuran besar sedang melilit seekor kucing. "Saat saya temukan, ular tersebut sedang melilit kucing," kata Yusuf, Rabu (29/4/2020).

Awal mulanya, pagi itu Yusuf sedang bekerja di pasar. Hingga akhirnya, sekira pukul 08.00 WIB, Yusuf menemukan ular piton tersebut. "Mulanya saya berpikir itu adalah kucing yang sedang berkelahi. Setelah saya dekati, ternyata ular tengah melilit kucing tersebut," katanya.

Setelah melihat hal tersebut, Yusuf langsung mencoba menyelamatkan kucing tersebut. Entah dari mana idenya muncul, Yusuf langsung menggigit buntut ular besar tersebut hingga akhirnya ular melepaskan lilitannya. "Buntut ular tersebut saya gigit dan akhirnya ular melepaskan lilitan," katanya.

Setelah berhasil menyelamatkan kucing tersebut, Yusuf pun langsung mengevakuasi ular berukuran 4 meter tersebut. "Ular dengan ukuran kira kira 4 meter ini langsung saya amankan," kata Yusuf. Ia juga mengatakan kemungkinan ular tersebut telah sering memakan ayam yang berada di pasar.

Alasannya, para pedagang ayam banyak mengeluhkan sering kehilangan barang dagangannya. "Memang kalau malam, ayam ayam pedagang sering hilang, mungkin inilah pelakunya," ujarnya lalu tersenyum. Ia mengaku belum tahu ular yang ditangkapnya akan diapakan.

"Recana mau dilepas, tapi takut balik lagi," katanya. Lantas bagaimana rasanya menggigit buntut ular piton? Yusuf mengaku rasanya biasa saja.

"Biasa saja, bang, biasa," katanya. Namun, Yusuf mengatakan saat menggigit buntut itu memang licin. Perlu diketahui, ular sawo atau ular sanca merupakan nama umum bagi sekelompok ular ular pembelit dari suku Pythonidae.

Ular ini dikenal sebagai pythons atau ular piton, Ular sawo atau sanca menyebar luas di Afrika, Asia dan Australia. Beberapa jenisnya diketahui sebagai ular yang terpanjang di dunia.

Meskipun umumnya publik mengenal jenis jenis sanca sebagai ular yang tak berbisa, sejatinya pada kadar tertentu masih terdapat kandungan bisa pada liurnya. Saat ini diketahui delapan genus dan 40 spesies yang diakui dunia ilmiah tergabung dalam suku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *