Ampuh Bikin Awet Muda Ini Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh

Ampuh Bikin Awet Muda Ini Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat renang untuk kesehatan tubuh Anda sangatlah beragam. Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Bagaimana tidak, selain menyenangkan olahraga ini juga menyimpan segudang khasiat yang dapat mendukung kesehatan Anda.

Bahkan, olahraga ini dapat dilakukan semua usia dan terbukti efektif dibanding dengan lari ataupun angkat beban. Tidak hanya itu, renang dapat dijadikan alternatif guna melepaskan endorfin yang memicu perasaan positif sehingga membuat mood menjadi lebih baik. Seseorang yang sering melakukan olahraga ini akan terbebas dari penyakit kardiovaskular, karena gerakan anggota tubuh yang melawan resistensi air mampu meningkat sistem kerja dari tubuh manusia.

Umumnya, renang ini terbagi menjadi beberapa macam gaya antara lain seperti gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung hingga gaya bebas. Renang juga mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan juga bugar. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat renang untuk kesehatan tubuh.

Bikin Awet Muda

Manfaat renang yang belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah dapat membuat awet muda. Sebuah penelitian dari Indiana University mengungkapkan, renang dapat membuat tubuh Anda tetap bugar meski sudah menginjak usia senja dan membuat usia lebih panjang.

Kegiatan olahraga yang satu ini akan memengaruhi tekanan darah, kesehatan jantung, pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, kimiawi darah dan masih banyak lagi yang lebih identik pada orang yang lebih muda.

Redakan Stres

Manfaat selanjutnya adalah mampu meredakan stres yang Anda alami. Melakukan olahraga renang selama 30 menit mampu memberikan efek yakni meningkatkan suasana hati atau mood. Dengan begitu, renang berarti juga akan mampu mengurangis rasa stres.

Tubuh yang rileks akan Anda dapatkan dengan melakukan olahraga renang sehingga pikiran terbebas dari stres. Otot yang ada di seluruh tubuh akan mengalami relaksasi dan peregangan, disertai dengan teknik pernapasan.

Sehatkan Jantung

Salah seorang peneliti berkata bahwa olahraga renang dapat mengurangi risiko kematian. Sebab, renang dapat membantu detak jantung semakin meningkat dan menjaga kesehatan organ pernapasan seperti paru-paru.

Sebuah studi dari Indian Jorunal of Physiology and Pharmacology menunjukkan perenang akan memiliki udara yang keluar dari paru-paru dalam jumlah lebih banyak, sehingga akan lebih baik saat bernapas jika dibandingkan dengan pelari. Maka, renang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengontrol gula darah dalam tubuh manusia. Selain itu, ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan pernapasan otomatis menjadi kuat dan panjang.

Jaga Kesehatan Otot dan Tulang

Menjaga kesehatan otot dan tulang juga merupakan salah satu manfaat renang terpenting yang bisa Anda petik. Sebab, kesehatan otot dan tulang akan sangat terjaga dengan sangat signifikan ketika Anda melakukan olahraga renang.

Sebuah studi menyatakan bahwa manfaat renang juga dapat terlihat jelas pada massa otot di bagian trisep (belakang lengan atas) sebanyak 25 persen pada sejumlah pria. Selain itu, renang akan sangat membantu tubuh Anda dalam membangun kekuatan daya tahan tubuh.

Tingkatkan Tinggi Badan

Manfaat renang yang paling umum dan banyak diketahui masyarakat adalah mampu meningkatkan tinggi badan. Ya, membiasakan diri melakukan renang pada masa pertumbuhan akan sangat membantu dalam meninggikan badan Anda. Selain itu, renang juga akan membantu pertumbuhan tulang dan juga pembentukan otot yang Anda miliki.

Sebab, renang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak mengandalkan otot dan tulang di seluruh tubuh apabila dilakukan. Biasanya, manfaat renang yang mampu meninggikan badan ini akan sangat terlihat jelas pada anak-anak.

Turunkan Risiko Penyakit Diabetes

Menurunkan risiko penyakit diabetes merupakan salah satu manfaat yang dapat Anda petik dari olahraga renang. Hal tersebut lantaran renang dapat membakar kalori, gula dan lemak pada tubuh Anda.

Renang yang dilakukan selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam satu minggunya akan membakar kalori mencapai 900 kalori dalam tubuh. Dengan begitu, otomatis renang ini akan memungkinkan Anda terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *