Apakah Anda Mengalami Punggung yang Sakit?

Posted by

Punggung yang sakit tentu sangat menyiksa penderitanya. Apalagi jika terjadi berhari-hari lamanya. Rasa tidak nyaman dan menahan nyeri tentu akan benar-benar mengganggu. Untuk itu harus ada pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut. Namun, jika sudah mengalami punggung yang sakit, maka harus ada tindakan pengobatan.

Beberapa Pencegahan Jika Mengalami Punggung yang Sakit

Untuk menghindari terjadinya nyeri punggung, Anda harus melakukan beberapa langkah pencegahan. Cara-cara tersebut harus selalu rutin dilaksanakan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah uraiannya:

1.     Memperbanyak Istirahat

Istirahat menjadi salah satu kebutuhan penting bagi tubuh. Punggung akan rileks ketika Anda sedang dalam kondisi santai. Untuk menghindari terjadinya nyeri pada bagian ini, maka hindarkan penggunaan terlalu banyak bantal ketika tidur.

Cukupkan waktu istirahat Anda. Biasanya orang dewasa minimal harus tidur selama 7 jam sehari. Badan yang rileks akan lebih segar dan bugar. Hal ini dapat meminimalisir resiko terkena nyeri pada area punggung.

2.     Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain beristirahat, Anda juga patut untuk tetap menjaga berat badan ideal. Kuantitas tubuh seseorang memang sangatlah berpengaruh dalam pencegahan nyeri pada area ini. Hal tersebut karena area punggung menopang berat badan manusia.

Jadi jika seseorang mengalami kelebihan berat badan, maka akan lebih mudah terserang sakit punggung. Karena area tersebut tak mampu menahan kuantitas dari tubuhnya sendiri. Untuk itu, seseorang harus bisa menjaga dan mengidealkan badannya tersebut.

3.     Rutin Berolahraga

Olahraga juga tetap menjadi hal penting dalam menjaga kebugaran tubuh seseorang. Apalagi untuk mencegah timbulnya sakit punggung. Berbagai macam gerakan senam tentu bisa sangat membantu Anda untuk mengatasinya.

Namun, untuk itu Anda juga harus selalu konsisten dan rutin dalam berolahraga. Bisa seminggu 3 atau 4 kali, atau bahkan bisa lebih dari itu. Asalkan tetap dilaksanakan terus-menerus, agar dapat tercapai tubuh yang sehat dan prima.

4.     Menerapkan Postur Tubuh yang Tepat Ketika Beraktivitas

Kerap kali orang-orang tidak memperhatikan postur tubuh mereka ketika beraktivitas. Baik saat duduk, berdiri, berjalan ataupun melakukan kegiatan lainnya. Padahal ini menjadi salah satu hal penting yang perlu seseorang lakukan untuk mewujudkan tubuh bugar dan tidak mudah terserang sakit.

Cara Pengobatan Ketika Terkena Sakit Punggung

Agar keluhan ini dapat terobati sedikit demi sedikit, diperlukan cara-cara pengobatan. Meskipun, rasa nyeri tersebut dapat kembali lagi sewaktu-waktu. Berikut adalah uraian-uraian mengenai langkah-langkah mengobati rasa sakit pada bagian tersebut.

1.     Kompres dengan Kain dan Mengkonsumsi Obat

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit punggung adalah dengan mengompresnya menggunakan kain dingin. Tempelkan pada bagian tengkuk atau punggung yang sakit. Ini akan membantu untuk meredakan rasa nyerinya sedikit demi sedikit

Tambahkan juga konsumsi obat untuk mempercepat proses penyembuhannya. Dengan begitu, rasa nyeri yang timbul juga akan semakin lekas menghilang. Anda bisa menggunakan obat pereda, seperti paracetamol dan sejenisnya.

2.     Memakai Korset Khusus dan Tidak Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Memakai korset khusus yang bisa membantu memperbaiki postur tubuh dan tulang punggung juga perlu untuk dilakukan. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dapat mencegah datangnya nyeri kembali. Posisi badan tegak dapat menghasilkan badan yang lurus dan tidak membungkuk, dengan begitu rasa nyeri juga tidak akan mudah menyerang tulang Anda.

Selain itu, perlu juga menghindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi, seperti wedges atau sejenisnya. Karena ini dapat mengganggu dan memicu datangnya sakit pada bagian punggung Anda kembali lebih cepat.

Dengan beberapa solusi jika mengalami punggung yang sakit, maka Anda pun tidak perlu bingung lagi untuk menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *