BREAKING NEWS: Wisma Atlet untuk Rawat Pasien Positif Corona Gejala Ringan

BREAKING NEWS: Wisma Atlet untuk Rawat Pasien Positif Corona Gejala Ringan

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyampaikan, Wisma Atlet Kemayoran akan digunakan untuk merawat pasien positif corona dengan gejala yang ringan. Nantinya pihak rumah sakit yang akan menentukan apakah pasien tersebut akan dipindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran atau tidak. Sementara itu, pasien positif corona dengan gejala berat, akan tetap dirawat di rumah sakit.

Pasalnya, Wisma Atlet tidak memiliki ruangan untuk perawatan intensif (ICU). "Bagi yang gejalanya ringan di rumah sakit, bisa digeser ke sini, sehingga rumah sakit bisa fokus untuk menangani pasien pasien yang kondisinya berat." "Pasien positif yang gejalanya ringan, bisa didorong ke Wisma Atlet ini," ujar Terawan, dikutip dari siaran langsung YouTube Kompas TV, Minggu (22/3/2020).

Ia menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan ruangan perawatan yang cukup di Wisma Atlet Kemayoran. "Kita menyiapkan ribuan kamar yang digunakan untuk merawat mereka yang sakit ringan itu dengan baik," katanya. Namun, untuk pasien harus datang ke rumah sakit dulu dan akan diseleksi apakah akan dirawat di rumah sakit atau di Wisma Atlet.

"Kalau langsung ke sini, harus ada pemeriksaannya, bukan hanya rapid test." "Kalau tidak, penularannya kemana mana, jadi rumah sakit yang akan mendorong ke sini, mana yang bisa di rawat di sini," jelas Terawan. "Karena membangun ICU di sini tidak mungkin, terlalu besar, jadi rumah sakit bisa memisahkan mana yang akan dirawat di sini," lanjutnya.

Selain itu, mengenai tenaga medis yang akan membantu di Wisma Atlet juga disebut sudah siap untuk merawat pasien. "Saya juga sudah melihat tenaga volunteer apakah mereka takut untuk merawat, ternyata tidak," ungkapnya. "Mereka tahu bahwa ini pandemi, semua bisa saja terpapar," imbuh Terawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *