Coba 9 Ramuan Obat Tradisional Ini buat Mengatasinya Perut Kembung Akibat Masuk Angin

Coba 9 Ramuan Obat Tradisional Ini buat Mengatasinya Perut Kembung Akibat Masuk Angin

Perut kembung dan begah merupakan hal umum yang kerap di alami oleh masyarakat. Bahkan ada beberapa orang yang kerap mengalami perut kembung dan begah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Namun perut kembung juga bisa muncul akibat tubuh terserang masuk angin.

Biasanya, orang yang terserang perut kembung akan merasa adanya kumpulan udara dalam perut yang mengakibatkan rasa begah dan tidak nyaman. Meski terdengar sepele, perut kembung bisa menngganggu aktivitas sehari hari. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi perut kembung akibat masuk angin, yakni menggunakan obat tradisional.

Bahan bahan yang diperlukan juga mudah di dapat dan hampir tersedia di setiap rumah. Peppermint adalah ramuan luar biasa yang telah digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan selama berabad abad. Ini semua berkat bahan aktifnya, yaitu mentol. Mentol adalah yang memberi sensasi rasa dingin pada peppermint. Mentol jugatermyata bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan.

Khasiat anti inflamasi teh peppermint bantu meredakan ketidaknyamanan perut yang dapat menyebabkan perut kembung. Studi menunjukkan bahwa teh peppermint memiliki khasiat antispasmodik yang kuat, yang berarti bisa membantu usus untuk rileks. Ini tentunya akan meringankan gejala perut kembung.

Penelitian juga menemukan bahwa teh peppermint dapat memberikan efek analgesik atau menghilangkan rasa sakit. Teh jahe terbuat dari akar tanaman jahe. Rasanya pedas, menghangatkan, dan bisa memberi nutrisi. Jahe adalah antiemetik ampuh yang membantu mengurangi rasa mual dan gangguan pencernaan.

Rempah satu ini sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat untuk muntah, sakit perut dan mual. Teh jahe sangat efektif dalam menenangkan perut kembung karena sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Teh jahe juga bisa membantu sistem pencernaan untuk mengosongkan lebih cepat.

Teh lembut ini terkenal untuk menenangkan perut yang sakit sekaligus meningkatkan suasana hati, lho. Teh ini dibuat dari seduhan bunga chamomile dalam air panas, teh chamomile memberikan efek menenangkan alami untuk tubuh dan pikiran. Penelitian telah menunjukkan bahwa chamomile sangat membantu untuk sindrom iritasi usus besar, membantu menenangkan saluran usus, dan mengendurkan otot otot perut.

Chamomile juga dipercaya bisa membantu mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh makanan yang mengandung laktosa. Minum teh chamomile secara teratur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita lebih rileks. Minum teh hijau menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung selanjutnya.

Di antara beragam khasiatnya, teh hijau ternyata juga sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Bahkan teh hijau dianggap sebagai salah satu teh terbaik untuk kesehatan usus. Hal ini berkat kandungan katekin dan antioksidannya yang tinggi. Katekin ini bukan hanya menangkal radikal bebas, tetapi juga membantu menenangkan otot di saluran pencernaan.

Teh hijau juga dapat membantu menghilangkan penumpukan gas di usus, yang menyebabkan perut kembung. Selain itu, teh hijau membantu fungsi sistem pencernaan agar lebih efektif dengan cara memicu kerja enzim yang dibutuhkan tubuh untuk memecah makanan dengan baik. Kelebihan gas di tubuh adalah salah satu penyebab perut kembung yang paling umum.

Sehingga, saat sedang kembung, sebaiknya jangan menahan untuk mengeluarkan gas yang ada. Bersendawa atau buang angin, bisa dilakukan. Buang air bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung. Pasalnya, dengan melakukan kegiatan ini, pergerakan di usus besar pun akan lebih cepat terjadi, sehingga sehingga gas bisa lebih cepat keluar dari lambung.

Kompres hangat pada area perut yang sakit atau menggunakan bantal pemanas dapat menjadi pilihan cara mengatasi perut kembung yang bisa dicoba di rumah. Metode ini dapat membuat otot otot di saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat kembung. Mengonsumsi beberapa jenis rempah, merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami.

Rempah yang dapat digunakan untuk meredakan perut kembung antara lain jahe, jintan, dan daun basil. Probiotik adalah mikroorganisme hidup, atau bakteri baik yang bisa memberikan manfaat di saluran pencernaan. Contoh probiotik yang dapat kita konsumsi adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

Itulah sederet obat tradisional alami untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *