Hubungi 119 Extension 9 buat Dapat Bantuan Psikologi Saat Pandemi Covid-19 Termasuk Konsultasi KDRT

Hubungi 119 Extension 9 buat Dapat Bantuan Psikologi Saat Pandemi Covid-19 Termasuk Konsultasi KDRT

Pandemi virus corona atau Covid 1 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi tapi juga memengaruhi kondisi psikologis atau kejiwaan seseorang. Banyak kecemasan, ketakutan, maupun kekhawatiran dirasakan masyarakat yang dikhawatirkan dapat menggangu imunitas seseorang yang sekarang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghadang virus. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyebutkan jika sudah merasa psikologi sangat terguncang segera cari bantuan ahli.

Saat ini tersedia layanan konsultasi kejiwaan yang bisa diakses masyarakat melalui nomor telepon 119 extension 9 dan akan tersambung dengan layanan 'Sejiwa'. "Akses 119 extension 9 ada tiga layanan ya itu ada konsultasi, edukasi dan pendampingan termasuk bagi tukposi kami perempuan dan perlindungan anak," kata Bintang saat diskusi virtual dengan KHMDI, Jumat (8/5/2020). Layanan 'Sejiwa' ini juga bisa membantu psikologis perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) saat pandemi virus corona, perempuan dalam situasi darurat dan kondisi khusus, perempuan pekerja migran, perempuan disabilitas, serta perlindungan anak yang menjadi tanggung jawab Kemen PPPA.

“Sesuai amanat Presiden RI, Joko Widodo pada rapat terbatas 29 Januari 2020, Kemen PPPA telah diberikan tugas tambahan untuk menyediakan layanan rujukan nasional bagi isu isu perempuan dan anak," ungkap Bintang. Sekitar seminggu layanan 'Sejiwa' ini dijalankan telah menerima 344 aduan dari 2.978 panggilan yang diterima melalui 119 ext. 8 dengan rasio panggilan transfer sebesar 11,55 persen. Artinya banyak yang menelepon ke 119 extension 8 dengan keluhan covid 19 yang kemudian diteruskan ke extension 9 karena setelah didalami permasalahnnya psikis bukan fisik.

Hotline layanan 'Sejiwa' ini juga terhubung dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA)/P2TP2A serta Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan Forum Pengada Layanan (FPL) yang ada di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, sesuai lokasi pelapor berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *