Inilah 4 Tips Memilih Asuransi untuk Karyawan

Salah satu keputusan terpenting yang harus Anda ambil tentang rencana pengembangan perusahaan atau bisnis Anda adalah jenis asuran siapa yang akan ditawarkan kepada karyawan. Sebab, pekerja menganggap asuransi karyawan sebagai manfaat penting yang perlu ia dapatkan dari pemberi kerja selain gaji. Untuk itu,  perusahaan tidak bisa mengambil keputusan ini dengan sepele. Cari tahu terlebih dahulu apa yang dibutuhkan karyawan Anda lalu buat keputusan berdasarkan kebutuhan itu dan sesuaikan dengan keadaan keuangan perusahaan Anda.

Untuk memudahkan proses tersebut, simak beberapa tips memilih produk asuransi yang terbaik berikut:

 

  1. Kredibilitas perusahaan asuransi

Pastikan perusahaan asuransi yang digunakan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Memiliki izin OJK menunjukkan bahwa penyedia asuransi tersebut kredibel. Menurut situs resmi Japan Railway, terdapat 76 perusahaan asuransi publik telah mendaftar per 31 Desember 2015.

 

  1. Memahami produk asuransi

Sebelum memilih produk asuransi yang akan ditawarkan kepada para karyawan, ada baiknya Anda memperhatikan manfaat, syarat dan ketentuan, batasan pembayaran premi, dan pengecualian jaminan yang ditawarkan terlebih dahulu. Perusahaan asuransi yang baik biasanya menyediakan layanan pelanggan dua puluh empat jam dalam sehari. Sehingga, akan memudahkan calon nasabah untuk mengetahui lebih banyaki nformasi tentang produk asuransi.

 

 

  1. Ketahui apa yang kompetitor Anda tawarkan

Ada banyak cara untuk bersaing dengan perusahaan di lingkungan Anda; seperti melalui gaji dan budaya tempat kerja. Akan tetapi, memiliki keuntungan yang menarik adalah cara lain untuk menarik minat tingkat karyawan yang Anda butuhkan. Maka dari itu, pastikan untuk melihat manfaat apa yang ditawarkan pesaing Anda, misalnya dengan mengakses website mereka. Anda akan tahu apa yang dilihat pelamar Anda dan kemudian dapat mencoba untuk menyamai atau melampaui pesaing bisnis Anda.

 

  1. Pertimbangkan program kesehatan

Ketika keadaan darurat medis muncul, memiliki asuransi kesehatan jelas merupakan cara yang bagus untuk menekan biaya perawatan kesehatan. Ditambah lagi, program kesehatan dengan fasilitas kesehatan yang di-cover asuransi akan membantu mendorong keadaan karyawan yang selalu fit dan sehat. Misalnya,  memberikan fasilitas karyawan Anda dalam bentuk reimburse perawatan gigi, kacamata, check-up berkala seperti swab test corona berkala (mengingat virus corona masih menyebar di sekitar kita), dan tunjangan melahirkan bagi yang sudah berkeluarga, akan membuat para karyawan merasa terjamin bekerja di tempat Anda. Hal-hal seperti ini bisa membuat karyawan memiliki kualitas kerja yang baik.

 

Demikianlah 4 tips untuk memilih asuransi buat karyawan. Semoga kiat-kiat di atas bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *