Jok Elektrik Mobil Juga Perlu Perawatan, Ini Dia Caranya!

Posted by

Setelah membeli mobil bekas di situs jual mobil bekas, bukan berarti Anda hanya berdiam diri tanpa melakukan perawatan pada mobil. Sebab perawatan yang tepat dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Tidak hanya perawatan mesin saja yang harus diperhatikan, tetapi juga jok elektrik pada kabin yang sangat berpengaruh pada kenyamanan selama perjalanan.

Jok elektrik rusak mahal harganya

Salah satu alasan mengapa Anda perlu merawat jok elektrik dengan cermat adalah faktor biaya. Beda dengan jok biasa, jok elektrik butuh biaya lebih banyak untuk perbaikan saat terjadi kerusakan.

Fungsi jok elektrik akan menurun seiring dengan penggunaan dan bertambahnya usia kendaraan. Berdasarkan ahli, jok elektrik mulai menunjukkan penurunan fungsi begitu memasuki tahun kelima – tentu dengan penggunaan yang wajar.

Sayangnya, banyak pemilik mobil dengan jok elektrik yang ternyata tidak menyadari kalau sebenarnya sudah terjadi kerusakan minor pada jok elektrik. Ditambah lagi, ada juga pemilik mobil yang bahkan tidak memerhatikan dan merawat bagian mobil yang satu ini.

Kerusakan pada jok elektrik juga bisa disebabkan oleh tumpukan kotoran di dalam kabin yang tidak dibersihkan dengan baik, seperti remah-remah makanan. Kotoran dari makanan yang menumpuk bisa mengundang serangga untuk bersarang pada jok elektrik, sehingga risiko kerusakan pun tidak terhindarkan.

Tips merawat jok elektrik

Merawat jok elektrik bisa dibilang susah-susah gampang. Meski begitu, jika Anda telaten, perawatan jok elektrik sebenarnya terbilang cukup simpel, kok. Kuncinya adalah teliti dan selalu pastikan kebersihan di dalam kabin.

Untuk merawat jok elektrik, ada dua cara yang direkomendasikan para pakar, yaitu:

  • Atur posisi jok pada saat kendaraan dalam posisi berhenti. Tujuannya adalah agar tidak ada malfungsi dengan komponen listrik lainnya, serta untuk keamanan selama berkendara.
  • Selalu rutin bersihkan debu dan kotoran di dalam kabin, termasuk remah-remah makanan yang menyelip di sela-sela maupun kolong jok, terutama setelah Anda bepergian.

Punya mobil dengan jok elektrik memang benar-benar nyaman. Nah, agar kenyamanan di dalam kabin selalu terjaga, pastikan Anda merawat jok elektrik dengan cermat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *