Jokowi Ingin Utara Jawa yang Tersambung Tol Jadi Superkoridor Ekonomi

Jokowi Ingin Utara Jawa yang Tersambung Tol Jadi Superkoridor Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pantai Utara Jawa yang sudah tersambungkan dengan jalan tol harus menjadi superkoridor ekonomi. Hal itu disampaikan Presiden dalam rapat terbatas Percepatan Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/9/2020). "Karena fasilitas fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap, sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini," kata Presiden.

Oleh karena itu menurut Presiden, pemerintah mempercepat pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pelabuhan tersebut diharapkan memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi atau perdagangan di Jawa Barat. "Dikembangkan saling mengisi dengan Tanjung Priok, komplementer bukan kompetisi," katanya.

Pemerintah menetapkan Pelabuhan Patimban sebagai Proyek Strategis Nasional melalui Perpres nomor 47 tahun 2016. Pelabuhan yang berlokasi di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang itu memiliki nilai investasi Rp 43,2 triliun. Pelabuhan dengan terminal kontainer tersebut memiliki kapasitas 7,5 juta TEUs. Pelabuhan dengan luas 654 hektare tersebur dibangun untuk mengurangi kelebihan kapasitas di Pelabuhan Tanjung Priok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *