Kapolda Metro Jaya Minta Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional Diperketat Pengunjung Meningkat

Kapolda Metro Jaya Minta Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional Diperketat Pengunjung Meningkat

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana meminta pengelola pasar tradisional memperketat pengawasan terkait pencegahan penularan Covid 19. Sebab berdasarkan datanya, adanya peningkatan kunjungan pembeli di pasar tradisional. "Sampai saat ini untuk pedagang baru sampai 40 50 persen yang aktif, tetapi sudah mulai ada peningkatan pengunjung atau pembeli. Ini kita harapkan akan semakin lebih baik ke depannya," kata Nana di Jakarta, Senin (27/7/2020). Nana mengatakan pengetatan tersebut juga menyusul sejumlah pasar yang telah menjadi klaster penularan Covid 19.

Ke depan, kata dia, pihaknya mengharapkan adanya penerapan protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Di antaranya, penyediaan fasilitas cuci tangan, disinfektan, cek suhu tubuh hingga hand sanitizer yang harus disediakan pengelola pasar. Termasuk juga physical distancing. "Kami mengharapkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan setiap usai melakukan aktivitas," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya juga telah menerjunkan sebanyak 60 personel di setiap pasar tradisional. Personel tersebut merupakan gabungan dari TNI Polri dan Satpol PP. "Dari pihak TNI, Polri, dan Satpol PP ada sekitar 60 personel yang bertugas setiap hari untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di pasar. Mereka bertugas menyadarkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *