Makanan Yang Baik Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa penuh kebahagiaan bagi para orang tua. Sehingga semua kebutuhan yang diperlukan oleh bayi telah dipersiapkan semenjak dini. Bagi tu juga dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi di masa kehamilan. Meminum susu Anmum untuk para bumil menjadi salah satu pilihan dalam memenuhi nutrisi.

Di masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami perubahan pola makan yang cukup ekstrim. Nafsu makan yang meningkat drastis akan membuat ibu hamil selalu ingin makan. Namun ada pula ibu hamil yang mengalami mual berlebih sehingga kesulitan untuk mengonsumsi makanan apapun. Akibatnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun ikut berkurang.

Selama kehamilan, ibu membutuhkan tambahan kalori 180 kkal/hari pada trimester pertama. Sedang pada trimester ketiga akan membutuhkan tambahan sampai 330 kkal/hari. meminum susu Anmum bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bisa juga dengan mengonsumsi makanan lain agar memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.

Meski membutuhkan tambahan banyak kalori, namun ibu hamil tetap harus menjaga pola makan yang sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas atau diabetes yang bisa menyebabkan komplikasi saat proses persalinan.

Berikut adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan :

1. Ubi

Makanan jenis umbi-umbian seperti kentang, singkong ataupun ubi jalar mengandung beta-karoten yang tinggi. Kelak zat ini akan diolah menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Serta merangsang pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

Ubi juga memiliki serat yang bisa memperlama rasa kenyang, sehingga ibu hamil tidak tergoda untuk makan terus menerus. Rajin mengonsumsi ubi jalar dapat pula mengurangi resiko terkena diabetes dan memperbaiki saluran pencernaan yang bermasalah.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, katuk atau kangkung tidak hanya bagus untuk ibu menyusui. Ibu hamil juga harus rajin makan sayuran hijau ini secara rutin karena mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, serta potasium.

3. Daging Merah Dan Daging Ayam

Kedua jenis daging ini merupakan sumber protein hewan yang tinggi. Selain itu juga memiliki zat besi yang sangat dibutuhkan hingga masa persalinan. Kekurangan zat besi di masa kehamilan ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Seperti anemia defisiensi , berat badan yang kurang dan risiko lahir dalam keadaan prematur.

4. Air Putih

Ada beberapa orang yang kurang menyukai minum air putih meski tahu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari air ini. Biasanya bumil akan mengalami risiko konstipasi yang lebih sering, begitu juga dengan risiko infeksi saluran kencing. Rajin minum air putih 8 gelas sehari dapat mengurangi risiko terjadinya 2 hal tersebut.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan produk olahan dari kacang mempunyai banyak manfaat yang dapat memenuhi nutrisi para bumil atau ibu hamil. Salah satunya adalah kandungan zat asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. Asam folat yang tercukupi juga menurunkan risiko lahirnya bayi dalam kondisi cacat serta berat badan yang kurang.

6. Susu

Susu sapi sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu dan aneka produk dari susu dapat memberikan tambahan kalsium yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan tulang beserta gigi. Kebutuhan kalsium yang cukup juga dapat menghindarkan ibu dari kemungkinan terkena osteoporosis.

Susu Anmum untuk para bumil dapat mencukupi kebutuhan ibu dan bayi. Tidak hanya memberikan tambahan kalsium, susu juga mengandung vitamin D serta protein yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi dapat tercukupi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *