Mengaku Pernah Dibully Cewek saat SD Iqbaal Ramadhan Curhat Pada Mas Menteri Nadiem

Bintang film dan penyanyi Iqbaal Ramadhan pernah merasakan menerima perundungan atau bully ketika masih kecil. Iqbaal Ramadhan mengatakan bahwa ia sudah menerima perundungan atau bully ketika masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Karena pernah merasa menerima bully, Iqbaal Ramadhan mengadukan hal tersebut kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

"Wah dulu aku tuh dibully banget pa waktu SD," kata Iqbaal Ramadhan dalam bincang santai dengan Nadiem Makarim yang biasa disapa Mas Menteri ini di instagram, dikutip Warta Kota, Senin (14/12/2020). Iqbaal mengakui bahwa ia menerima bully dari teman sekelas dan kaka kelas karena tubuhnya yang kecil, tapi berani menyampaikan pendapat didepan kelas. "Jadi aku dianggap kayak cari muka sama guru gitu akhirnya dibully sama teman sekelas dan kakak kelas," ucapnya.

Tak hanya itu saja, mantan personil boyband CJR tersebut juga mengaku pernah menerima bully dari teman teman wanita sekolahnya. "Jadi dulu sempat dibully sama cewek cewek yang ngegang. Aku dibilang kurus banget. Sampai dimintain duit atau palak," ungkapnya. "Karena pernah di bully, jadi aku punya kepikiran buat ngebully balik," tambahnya.

Setelah dewasa seperti sekarang, pria berusia 20 tahun itu berpikir orang yang melakukan bully kepada orang lain dulunya pernah ditindas. Selain itu, Iqbaal merasa kasihan kepada orang yang dibully, jika mengadukan ke orangtuanya justru mendapat imej yang jelek. "Aku merasa kalau dibully, curhat ke orangtua dan guru. Nanti kasih tau ke yang ngebully dianggap tukang ngadu. Jadi mental yang dibully makin kacau," jelasnya.

Lebih lanjut, Iqbaal Ramadhan berharap berkembangnya zaman dan perubahan pendidikan di Indonesia, sudah tak ada lagi bully di sekolah. "Karena yang dibully ini pasti traumanya sampai sekarang," ujar Iqbaal Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *