Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Daftar Kartu Kredit

Di zaman sekarang ini, segala aktivitas manusia sudah sangat dimudahkan. Dari mulai belanja, sampai dengan pembayaran tagihan dan transaksi dilakukan secara online. Dengan segala aktivitas tersebut, tentu pembayaran pun dilakukan dengan cara non tunai. 

Berbicara mengenai pembayaran non tunai, maka tak lepas pula dari yang namanya kartu kredit. Kartu kredit merupakan hal yang biasa dimiliki oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang berpenghasilan cukup besar. Tak sedikit dari mereka daftar kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti melakukan pembayaran barang yang tidak dapat dilakukan dengan tunai.

Bagi kamu yang berminat melakukan pengajuan kartu kredit ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu tak salah langkah dalam membuat kartu kredit. 

  1. Kenali Bank Penerbit Kartu Kredit 

Hal utama yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pengajuan kartu kredit adalah memilih provider atau bank yang terpercaya. Di media sosial sendiri seringkali ada provider yang menawarkan pembuatan kartu kredit online secara mudah dan cepat. Jika kamu menemui hal seperti ini jangan mudah percaya begitu saja, karena dari pihak bank sendiri justru memberikan persyaratan yang lengkap dan cukup banyak. 

Maka dari itu, kenali betul bank yang akan kamu pilih. Di Indonesia sendiri sudah banyak bank yang menerbitkan produk kartu kredit. Dari situlah kamu bisa memilih sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan kamu masing – masing.

  1. Pastikan Riwayat Keuanganmu Lancar 

Mungkin kamu pernah mendengar ada orang yang ditolak saat melakukan pengajuan kartu kredit, hal ini tentu ada sebabnya. Biasanya pihak tersebut memiliki riwayat masalah keuangan yang buruk, entah pada pinjaman, hutang atau justru pada tagihan lainnya.

Pihak bank tentu bisa mendeteksi masalah tersebut dari status blacklist Bank Indonesia. Oleh karena itu sebelum daftar kartu kredit, usahakan kamu memiliki riwayat keuangan yang bagus, dan tidak pernah macet apabila mengajukan pinjaman – pinjaman. Atau jika kamu pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, pastikan tagihan – tagihannya sudah terbayar dengan lunas.

  1. Cari Kartu Kredit Yang Sesuai 

Setelah keuanganmu dipastikan lancar, sebelum melakukan daftar kartu kredit pastikan kamu memang sudah benar – benar bertanggung jawab akan pemakaiannya. 

Jika kamu sudah mengetahui tujuan pengajuan kartu kredit, selanjutnya cari yang memang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kamu akan menggunakan kartu kredit tersebut untuk traveling, maka cari kartu kredit yang menawarkan diskon pada paket liburan atau semacamnya. Hal ini akan meminimalisir jumlah tagihan kamu nantinya.

  1. Ketahui Fasilitas Yang Didapatkan

Setelah memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Selanjutnya adalah pahami semua fasilitas yang kamu dapatkan pada produk kartu kredit tersebut. Teliti dan pahami mengenai fasilitasnya seperti diskon, cicilan nol persen,  internet banking, dll. 

Pastikan juga produk tersebut memiliki jaringan yang luas, sehingga saat kamu berada di daerah yang baru kamu kunjungi, kamu tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya. Rutinlah menanyakannya kepada customer service untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk kartu kreditmu.

  1. Ketahui Biaya Yang Harus Dibayarkan

Selain membayar biaya tagihan, saat kamu memiliki kartu kredit kamu juga perlu membayar biaya tambahan lain. Oleh karena itulah kamu harus mengetahui biaya apa saja yang harus dibayarkan terhadap produk kartu kredit yang sudah kamu pilih tersebut. Sebenarnya setiap bank memiliki aturannya masing – masing, tetapi kami akan memberikan gambaran mengenai biaya apa saja yang harus kamu bayarkan.

  • Biaya Tahunan. Merupakan biaya yang dibebankan saat pertama kali kamu menggunakan kartu kredit. Biaya ini berbeda – beda tergantung dengan jenis kartu yang kamu pakai apakah, classic, gold, platinum.
  • Biaya Keterlambatan. Kamu akan dikenakan biaya ini apabila kamu terlambat membayarkan tagihan sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan.
  • Biaya Bunga. Bagi kamu yang membeli barang dengan sistem kredit, maka bank akan menerapkan sistem bunga,  
  • Biaya over limit. Biaya ini dibayarkan apabila kamu melebihi batas limit yang sudah ditentukan. Biasanya berupa denda atau biaya tambahan. 

Setelah mengetahui hal penting yang harus diperhatikan, kini kamu bisa mulai melakukan daftar kartu kredit. Kamu bisa mencoba melakukan pengajuan kartu kredit di PermataBank. Salah satu produk kartu kredit unggulan dari PermataBank adalah PermataShoppingCard. 

Dengan menggunakan produk ini kamu bisa meraih beberapa keuntungannya, antara lain.

  • Proses pengajuan yang mudah dan cepat. Di PermataBank kamu tidak perlu repot – repot mendatangi kantornya untuk mendaftar kartu kredit. Karena proses ini bisa dilakukan secara online lewat aplikasi mobile banking PermataMobile X.
  • Cashback setiap saat. Bagi kamu yang gemar berbelanja online, cashback ini tentu akan sangat menguntungkan. Dengan akumulasi transaksi minimal 3,000,000 tiap bulan, kamu bisa mendapatkan cashback sebesar 5%, menarik bukan? 
  • Bebas iuran tahunan. Untuk kamu yang baru membuat kartu kredit, PermataShoppingCard memberikan bebas iuran tahunan untuk satu tahun pertama. Hal itu berlaku untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan lainnya. 
  • Berbagai program di merchant. Selain memberikan cashback, produk kartu kredit dari PermataBank ini juga memiliki beragam program lain di beberapa merchant yang telah bekerjasama, diantaranya terdapat diskon, promo, hingga cicilan. 

Demikianlah hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum daftar kartu kredit. Pastikan bahwa dengan adanya kartu kredit ini akan membantu hidup kamu. Bukan malah hanya dijadikan gaya hidup semata. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *