Petugas Hewan Kurban Ikut Rapid Test yang Digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Petugas Hewan Kurban Ikut Rapid Test yang Digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19 kembali menggelar rapid test massal pada Minggu (19/7/2020). Kali ini, rapid test digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19 di Kantor Kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur sebagai upaya membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid 19. Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya ingin membantu beban biaya hidup masyarakat lewat rapid test ini.

Di era new normal, rapid test menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh masyarakat untuk beraktivitas. "Kita harus membantu masyarakat, beban hidup semakin berat di tengah pandemi Covid 19. Biaya rapid test yang dipersyaratkan untuk kegiatan bekerja, sekolah ini sangat mahal. Kami menggelar rapid test ini membantu masyarakat, tapi tetap mengikuti anjuran dari Pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid 19," kata Sandiaga di Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (19/7/2020) dikutip dari keterangan yang diterima. Menurut dia, upaya untuk menekan penyebaran Covid 19 bukan hanya tugas pemerintah semata.

Maka dari itu, Sandiga Uno mengajak semua pihak untuk turut membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19, satu di antaranya dengan menerapkan protokol kesehatan. "Ini sinergi antara pemerintah, dunia usaha, relawan, seluruh aparat yang ada disini menunjukkan kerja ini bukan tugas pemerintah saja tapi kerja kolaborasi semua pihak," ujarnya. Sandi kemudian bicara soal relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota DKI Jakarta.

Sandi mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dengan relaksasi ini. Sebab, angka kasus positif di DKI Jakarta cenderung meningkat selama masa PSBB Transisi. "Peran masyarakat, partisipasi masyarakat begitu penting. Ini menunjukan kita agar tidak lemah dalam menghadapi relaksasi PSBB. Kita harus tetap mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan," jelasnya. Sementara Camat Makasar Jakarta Timur, Kamal Alatas menjelaskan rapid test gratis ini diutamakan menyasar para petugas hewan kurban dan tokoh masyarakat yang bersentuhan langsung dengan warga.

Untuk itu, Kamal mengucapkan terima kasih atas gelar rapid test diiringi swab test ini. "Kami concern ke pedagang hewan kurban, RW, tokoh FKDM, tokoh agama dan kiai. Kami lakukan ini semata mata untuk menurunkan angka penyebaran Covid 19 di Kecamatan Makasar. Alhamdulillah, grafik terkait dengan warga kami yang reaktif terus menurun. Sekarang concern di RW 01 Kelurahan Kebon Pala. Kami terus lakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat,” katanya. Dalam rapid test ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19 menyiapkan 40 tenaga medis profesional.

Sebanyak 1.000 alat rapid kit juga disediakan untuk mengakomodir masyarakat yang hendak mengikuti rapid test ini. Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19 juga menyediakan 2 unit mobile laboraturium untuk melakukan uji swab test berbasis PCR test. Mobile Lab ini diperuntukan bagi masyarakat yang menunjukan hasil reaktif usai mengikuti rapid test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *