Polisi Tangkap Lima Tersangka Komplotan Pemalsu e-KTP di Jakarta Utara

Polisi Tangkap Lima Tersangka Komplotan Pemalsu e-KTP di Jakarta Utara

PolresMetroJakartaUtaramengungkap kasuspemalsuane KTP di wilayahnya. Dalam kasus ini, polisi menangkap lima orang pelaku berinisial DWM (45), I (40), E (42), MS (23), serta IA (41). Kapolres MetroJakartaUtaraKombesPolSudjarwokomenuturkan, penangkapan terhadap para pelaku berawal dari adanya informasi dari masyarakat.

Disebutkan ada seseorang yang bisa membuatkan e KTP palsu di kawasanSemperBarat,Cilincing,JakartaUtara. Berbekal informasi tersebut, tim Unit Resmob SatreskrimPolresMetroJakartaUtaralangsung melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku DWM. "Selanjutnya dilakukan pengembangan dan kami menangkap empat pelaku lainnya," kata Sudjarwoko di Mapolres MetroJakartaUtara, Jumat (11/9/2020).

Polisi menangkap I di daerah Koja,JakartaUtara. Sementara itu, tiga pelaku lainnya ditangkap di daerah Pramuka, Jakarta Timur. Hasil interogasi, komplotanpemalsuane KTPini ternyata merupakan pemain lama.

Mereka sudah menjalankan bisnis ilegal selama sekira dua tahun belakangan. "Yang bersangkutan sudah menjalankan aksinya ini sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 ini ya," kata Sudjarwoko. Atas perbuatannya, polisi menjerat kelima tersangka dengan pasal 96 juncto pasal 5 huruf F dan huruf G Undang undang RI nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan Undang undang RI nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Para tersangka terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara. Selain dari lima pelaku yang sudah ditangkap, polisi masih mengejar dua pelaku lainnya yang masih buron, yakni F dan NF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *