Satu Diantaranya ASN 4 Pimpinan Ormas di Binjai Diadili Karena Memeras

Satu Diantaranya ASN 4 Pimpinan Ormas di Binjai Diadili Karena Memeras

Empat oknum OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) di Kota Binjai yang ditangkap karena melakukan pemerasan mulai disidang Mereka adalah, Yudi Irawan (Ketua KNPI Kota Binjai), Ridwan Sitepu (Ketua PAC PP Binjai Barat), Poniran alias Mentek (Wakil Ketua PAC PP Binjai Barat), Aman Nasution (Bendahara FKPPI Kota Binjai). Sidang beragenda pembacaan surat dakwaan digelar di ruang Candra dan dipimpin Majelis Hakim Dedy didampingi Tri dan Aida, Kamis (16/7/2020).

"Keempat terdakwa dikenakan perkara pemerasan Pasal 368 ayat (1) dengan ancaman 7 tahun," kata JPU Benny, Kamis (16/7/2020) usai sidang. Dalam sidang, empat pelaku pemerasan yang jadi pesakitan di PN Binjai ini sudah melakukan upaya musyawarah jalan perdamaian dengan korban. Majelis Hakim pun meminta para terdakwa supaya berterus terang.

"Yang saya minta agar kalian gak usah menutup nutup lagi, terbuka saja biar tahu salah betulnya. Ke depan janganlah kayak di kantor polisi ramai ramai ya," kata hakim kemudian menutup sidang dan dilanjutkan pekan depan mendengar keterangan saksi. Diketahui empat oknum pengurus OKP di Binjai diduga melakukan pemerasan terhadap kontraktor proyek pengerjaan lining atau bronjong penahan air sungai di belakangan rumah dinas Wali Kota Binjai di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Binjai Barat. Ada barang bukti uang Rp 7,5 juta dalam aksi pemerasan yang dilakukan dengan modus THR ini.

Keempatnya ditangkap setelah polisi mendapat laporan dari korban sesuai LP/367/V/2020 tentang tindak pidana pemerasan. Polisi menyita barang buktinya uang tunai Rp7,5 juta sesuai kwitansi dari ketiga tersangka yang tertulis sudah menerima uang Rp 2,5 juta. Ketua KNPI Binjai Yudi Irawan yang berstatus ASN di salah satu kantor dinas provinsi Satuan Kerja di Kota Binjai, disebut sebut sebagai penghubung terjadinya transaksi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *