Tampil Humble, Tiga Miliarder Ini Malah Pilih Mobil Murah untuk Tunggangannya

Tampil Humble, Tiga Miliarder Ini Malah Pilih Mobil Murah untuk Tunggangannya

Biasanya, mahal tidaknya sebuah mobil menunjukkan kemapanan seseorang. Namun, tidak demikian halnya dengan para miliarder dunia. Mungkin ada pelajaran yang bisa diambil di sini tentang orang super kaya yang hemat dan memastikan setiap sen dihabiskan dengan bijaksana. Tampaknya, para miliarder ini telah menjadikan hemat sebagai modus operandi mereka.

Salah satunya terlihat dari pilihan mobil mereka. Mungkin pemikiran hemat yang sama telah membantu mereka ke posisi sekarang, yakni orang orang terkaya di dunia. Setiap orang memiliki alasan dalam memilih mobil. Mulai faktor praktis seperti penghematan bahan bakar, keselamatan, harga, cara penanganannya, ulasannya, reputasi dan keandalannya, bahkan dampaknya terhadap lingkungan.

Jadi, masuk akal jika para wirausahawan raksasa ini pun menganggap hal yang sama ketika memilih apa yang mereka kendarai setiap hari. Nilai kekayaan bersih US$ 108,2 miliar, hingga Oktober 2019) Orang terkaya di dunia, Jeffrey Preston Bezos adalah pendiri, CEO dan presiden Amazon.com.

Bezos mendapatkan gelar sarjana teknik elektro dan ilmu komputer dan bekerja di Wall Street hingga sekitar tahun 1994 ketika ia mendirikan Amazon, secara kebetulan dalam perjalanan darat dari Kota New York ke Seattle dengan mobil yang mungkin sangat sederhana. Terlepas dari kenyataan bahwa ia memiliki 12% saham di Amazon, Bezos selalu mengendarai Honda. Saat ditanya mengapa ia mencintai mobil ini, responsnya tidak masuk akal. "Ini adalah mobil yang sangat bagus," jawabnya.

Harga untuk mobil Honda Accord 2013 adalah US$ 22.000 atau Rp 312,400 juta (kurs US$ 1 = Rp 14.200). (Nilai kekayaan bersih US$ 105,5 miliar, hingga Oktober 2019) Pendiri Microsoft dan orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates adalah salah satu pendiri revolusi komputer mikro.

Forbes, sejak 1987, memasukkannya ke dalam daftar orang terkaya di dunia. Di tahun 1975, Gates dan teman masa kecilnya Paul Allen meluncurkan Microsoft, yang kemudian akan menjadi perusahaan perangkat lunak PC terbesar di dunia. Dia beralih dari mengelola perusahaan secara langsung dan, bersama istrinya Melinda, sekarang mencurahkan waktunya untuk Yayasan Bill & Melinda Gates.

Seperti Bezos, Gates dapat mengendarai mobil apa pun di dunia. Dia memang memiliki beberapa mobil mewah, tetapi dia baru baru ini mengatakan kepada Ellen DeGeneres bahwa belanja mobil terbaiknya adalah Porsche 911 Carerra klasik 1979 yang dia beli setelah mendirikan Microsoft. Porsche 911 milik Gates, yang nantinya akan dijual seharga US$ 80.000, ditempatkan di garasi yang sama tem

Pat ia menyimpan mobil sehari harinya yakni Ford Focus 2008. Berapa harga Ford Focus 2008? Kurang dari US$ 15.000 atau Rp 213 juta. (Nilai kekayaan bersih US$ 82 miliar, per Juli 2019)

Warren Buffett adalah pimpinan dan CEO dari Berkshire Hathaway, yang dianggap sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Dia adalah orang terkaya ketiga di dunia. Filosofi investasinya terbentuk saat berada di Columbia Business School yang banyak membahas nilai investasi Benjamin Graham.

"Oracle of Omaha" ini secara pribadi hidup dengan investasi nilai dan terkenal hemat. Saking dermawannya, dia berjanji akan memberikan 99% kekayaannya untuk amal, terutama melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates. Putrinya meyakinkan dia bahwa dia perlu menaikkan tingkat mobil miliknya, karena dia mengendarai Cadillac DTS 2006 selama 10 tahun. Dia meyakinkannya untuk membeli Cadillac XTS baru.

Dengan sangat pragmatis dia mengatakan kepada Forbes, "Saya hanya mengemudi sekitar 3.500 mil per tahun sehingga saya jarang membeli mobil baru." Nilai Cadillac XTS barunya: US$ 45.000 atau Rp 639 juta. Laporan: Barratut Taqiyyah Rafie/Sumber: South China Morning Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *