Wapres Dorong Masyarakat Sadar Pentingnya Budaya Iptek & Inovasi Perayaan Harteknas 2020

Wapres Dorong Masyarakat Sadar Pentingnya Budaya Iptek & Inovasi Perayaan Harteknas 2020

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong dengan perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2020, masyarakat semakin sadar akan budaya iptek dan inovasi dalam kehidupan sehari hari. "Terutama pada saat pandemi Covid 19, dimana diperlukan inovasi inovasi baru untuk menjawab tantangan yang ada. Saat ini diperlukan inovasi inovasi baru dalam bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Saya berharap melalui acara ini dapat mendorong budaya inovasi masyarakat Indonesia," kata Ma'ruf dalam sambutannya melalui video konferensi, Senin (10/8/2020). Peran teknologi dan inovasi, dikatakan Ma'ruf, menjadi semakin diperlukan dalam situasi saat ini.

Menurut Data Global Innovation Index (GII) 2019, Ma'ruf mengatakan peringkat Indonesia berada di posisi 85 dari 129 negara di dunia. "Sedangkan posisi Indonesia di ASEAN, peringkat inovasinya ada di posisi kedua terendah di atas Kamboja. Bandingkan dengan Singapura (peringkat ke 8) dan Malaysia (peringkat ke 35) yang ekonominya berbanding lurus dengan budaya inovasinya," ujarnya. Padahal, dari catatanya, Indonesia mempunyai alokasi anggaran lebih besar ($2,130.3M) dibanding Vietnam, tetapi jumlah sumber daya peneliti Indonesia hanya 89 orang/1 juta penduduk, dibandingkan Vietnam jumlah peneliti 673/1 juta penduduk.

"Di samping itu, alokasi anggaran R&D Indonesia terbesar dari pemerintah (40%), sedangkan alokasi anggaran R&D Vietnam terbesar dari sektor industri (52%)," katanya. Ma'ruf menegaskan telah banyak inovasi yang dihasilkan oleh anak bangsa, tetapi hanya sedikit yang dapat dikomersialkan atau dipasarkan. "Jika inovasi tidak dapat dikomersialkan, maka inovasi tersebut kurang bermakna bagi bangsa ini," katanya.

"Inovasi memang tidaklah mudah, banyak tahapan yang harus dilewati sebelum inovasi tersebut dapat dikomersialkan atau dipasarkan," ujarnya. Dirinya pun ingin agar peneliti menghasilkan semakin inovasi inovasi baru. "Trutama dalam pencegahan dan pengobatan wabah Covid 19. Selain itu juga, saya memberikan apresiasi kepada peneliti dan inovator yang telah berusaha dan terus berusaha dalam menghasilkan inovasi inovasi baru," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *