5 Tips Mudah Warnai Rambut Sendiri di Rumah

Posted by

Rambut menjadi salah satu bagian penting yang akan berpengaruh besar pada penampilan Anda secara menyeluruh. Gaya rambut tentu harus dipikirkan baik-baik agar sesuai dengan karakter dan menunjang penampilan Anda. Selain gaya rambut, warna juga akan memberi pengaruh besar. Anda bisa menggunakan warna rambut light brown maupun warna-warna terang lain untuk memberi kesan berbeda.

Tips Mewarnai Rambut

Ternyata memberi warna pada rambut tak harus dilakukan di salon sampai berjam-jam lamanya. Anda juga bisa mewarnai rambut sendiri di rumah. Apalagi sekarang sudah ada banyak pilihan produk cat rambut yang mudah diaplikasikan sendiri. Berikut ini adalah 5 tips mudah yang bisa diterapkan saat Anda ingin mewarnai rambut sendiri di rumah:

1. Tentukan Pilihan Warna yang Pas

Pastikan Anda memilih warna dan produk cat rambut yang tepat untuk diaplikasikan. Saat ini ada banyak sekali pilihan produk cat rambut yang bisa Anda gunakan. Pilih tipe produk yang tepat, berkualitas, dan warnanya harus sesuai dengan tipe Anda. Misalnya, Anda bisa memilih warna rambut light brown maupun warna yang sedikit lebih cerah agar memberi kesan lebih fresh.

 

Anda bisa mencari banyak referensi jenis produk cat rambut yang bagus digunakan. Jangan asal pilih produk karena tidak semua cat rambut bisa memberi hasil pewarnaan yang optimal. Jadi pastikan dulu produknya berkualitas dan bisa memberikan warna yang jelas pada rambut Anda.

2. Cuci Rambut sebelum Diwarnai

Sangat disarankan untuk mencuci rambut sebelum proses pewarnaan dilakukan. Proses keramas akan menghilangkan minyak dan kotoran dari rambut. Perlu diketahui bahwa warna cat rambut sulit menempel pada rambut yang kotor atau berminyak. Jadi lebih baik cuci dulu rambut Anda sampai benar-benar bersih menggunakan produk sampo yang tepat.

 

Demi mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa mencuci rambut paling tidak 1 hari sebelum proses pewarnaan. Selain itu perhatikan juga tipe rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang memang tipenya berminyak, maka pakailah kondisioner setelah keramas agar produksi minyak bisa lebih terkendali.

3. Cek Alergi Produk

Jangan lupa cek dulu apakah tubuh Anda alergi terhadap produk cat rambut atau tidak. Langkah satu ini sangat penting untuk dilakukan karena tidak semua cat rambut aman dipakai. Ada beberapa jenis produk yang ternyata bisa memicu munculnya alergi.

 

Bagaimana caranya melakukan tes alergi? Mudah saja, oleskan sedikit cat rambut ke bagian kulit di belakang telinga. Setelah itu lihat selama 48 jam apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika muncul reaksi alergi maka gantilah produk cat rambut yang lain.

4. Lakukan Pemisahan Rambut

Supaya lebih mudah melakukan pewarnaan rambut, cobalah untuk memisahkan bagian-bagian rambut. Anda bisa memisahkan beberapa bagian rambut memakai penjepit. Mulailah dengan membagi rambut menjadi 2 bagian sisi kanan dan kiri. Setelah itu satu sisi dibagi lagi menjadi 4 bagian atas dan bawah. Ini akan mempermudah Anda mengaplikasikan cat rambut tersebut.

5. Lakukan Pewarnaan Berulang

Usahakan untuk melakukan pewarnaan berulang. Anda bisa membeli 2 sampai 3 kemasan cat rambut agar warna yang dihasilkan bisa lebih jelas. Seringkali hasil pewarnaan tidak terlalu terlihat karena memang hanya dilakukan sekali pengaplikasian cat rambut. Jadi cobalah untuk melakukan berulang agar warnanya lebih terlihat.

 

Anda bisa memilih warna rambut light brown untuk memberi kesan fresh dan lebih muda. Warna-warna lain juga bisa dieksplorasi sesuai dengan selera dan warna kulit Anda. Pastikan warna rambut yang dipilih bisa membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.