Gangguan Pada Mata Hingga Stres Bisa Picu Sakit Kepala Bukan Hanya Masalah Saraf

Gangguan Pada Mata Hingga Stres Bisa Picu Sakit Kepala Bukan Hanya Masalah Saraf

Sakit kepala yang biasa menimbulkan rasa pusing bahkan nyeri yang datang tiba tiba tidak selalu disebabkan karena permasalahan saraf. Ada banyak faktor faktor penyebab sakit kepala selain masalah saraf atau yang disebut dengan istilah sakit kepala sekunder yakni karena masalah di organ organ di bagian kepala. Dokter Spesialis Syaraf, dr. Yonathan Andrean Sp.S menyebutkan yang pertama rasa sakit kepala bisa terjadi karena adanya gangguan pada mata.

"Sakit kepala mungkin infeksi mata itu juga bisa bikin sakit kepala. Kita gaboleh kupa organ sekitar wajah kita," ungkap dr. Yonathan saat webinar bersama RS Eka Hospital, beberapa waktu lalu. Kemudian sakit kepala juga bisa disebabkan oleh masalah di bagian leher misalnya leher otot yang tehang atau kaku karena hentakan atau salah posisi. "Keseleo leher, otot otot kaku atau tegang itu juga bisa bikin sakit kepala. Penyebab penyebab itu juga sering ditemukan daripada sakit kepala yang berat seperti tumor otak," tutur dr. Yonathan.

Masalah peradangan sinus yang biasa terjadi di rongga hidung juga bisa meyebabkan kepala terasa berat dan sakit. "Jadi semua yang qda di kepala bisa bikin sakit kepala. Gigi bisa. Hidung bisa. Mata juga bisa. Gak mesti sesuatu yang ada di otak yang bikin sakit kepala," ucap dr. Yonathan. Terakhir kata dr. Yonathan yang paling banyak dikeluhkan adalah sakit kepala karena rasa tegang bukan karena otot tapi karena stres.

Untuk masalah stres ini termasuk yang susah susah gampang diobati karena sebenarnya bisa diatasi denga mengatur stres. "Sakit kepala tipe tegang ini yang paling sering dikeluhkan karena terlalu tegang. Misalnya stres, ada masalah keluarga, gak enak badan dan lain lain. Ini yang paling sering dikeluhkan dan biasanya tipe ini gak selalu ke dokter karena minum obat aja sudah cukup," pungkas dr. Yonathan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *