Itu Semacam Bom Donald Trump Sebut Ledakan Maut di Beirut Lebanon adalah Serangan

Itu Semacam Bom Donald Trump Sebut Ledakan Maut di Beirut Lebanon adalah Serangan

Sebuah ledakan besar telah terjadi di kawasan pelabuhan Beirut, Lebanon. Pihak berwenang Lebanon mengatakan sedikitnya 78 orang tewas dan sekitar 4.000 lainnya luka luka dalam ledakan besar di pelabuhan di ibu kota, Beirut. Ledakan pada Selasa (4/8/2020) membuat warga di seluruh kota menjadi panik.

Dilansir dari , tak hanya itu, ledakan tersebut jugamenyebabkan kerusakan luas, bahkan di pinggiran ibu kota. Penyebab ledakan itu sampai saat inipun belum diketahui secara pasti. Para pejabat menghubungkan ledakan itu dengan adanya sekitar 2.700 ton amonium nitrat yang disita dan disimpan di gudang di pelabuhan selama enam tahun.

Presiden Lebanon, Michel Aoun, mengumpulkan Dewan Pertahanan Tinggi negara itu setelah ledakan terjadi. Para pejabat juga mengatakan mereka memperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat. Tampak sejumlah petugas penyelamat berjibaku menggali puing puing untuk menyelamatkan orang dan mengangkat para korban.

Presiden Michel Aoun menyerukan pertemuan kabinet darurat pada Rabu (5/8/2020) dan mengatakan keadaan darurat. Dilansir dari , Presiden Amerika Serikat (AS) itupun bersimpati kepada orang orang Lebanon. Ketika ditanya oleh seorang reporter untuk mengklarifikasi komentarnya, Presiden mengatakan penasihat militernya "sepertinya merasa" insiden itu adalah serangan berdasarkan jenis ledakan.

"Saya telah bertemu dengan beberapa jenderal besar kita dan mereka sepertinya merasa begitu," kata Trump. "Ini bukan semacam jenis ledakan manufaktur… Mereka akan tahu lebih baik daripada aku, tetapi mereka tampaknya berpikir itu adalah serangan itu semacam bom, ya," tandasnya. Tidak hanya Donald Trump yang bereaksi pemimpin dunia lainnya pun juga memberikan simpatinya.

Antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan solidaritas dengan Lebanon dan mengatakan Perancis mengirim sumber daya ke lokasi ledakan. "Saya menyatakan solidaritas persaudaraan saya dengan Lebanon setelah ledakan yang menewaskan begitu banyak korban dan kerusakan malam ini di Beirut." "Perancis berdiri di samping Libanon. Selalu. Bantuan dan sumber daya Perancis sedang diangkut dilokasi [ledakan]," tulis Macron di Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *