Penjelasan Soal Tetap Sahnya Gol Kemenangan Man United oleh Bruno Fernandes Saat Laga Sudah Selesai

Bruno Fernandes tetap dinyatakan sah saat mencetak gol penalti pada laga melawan Brighton di American Express Stadium, Sabtu (26/9/2020), meski wasit telah menyatakan laga berakhir. Manchester United meraih kemenangan dengan skor 3 2 atas Brighton dalam laga pekan ketiga Liga Inggris Ketiga gol Manchester United dicetak oleh Harry Maguire (43'), Marcus Rashford (52'), dan Bruno Fernandes (90+10').

Adapun Brighton hanya mampu membalas lewal gol penalti Neal Maupay (39') dan aksi Solly March di injury time (90+5'). Sorotan pada laga ini tentunya tertuju pada akhir akhir laga, yakni saat Bruno Fernandes mencetak gol ketiga sekaligus gol kemenangan man United walau wasit sudah meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Wasit akhirnya membatalkan keputusannya untuk menyelesaikan laga karena terdapat insiden beberapa detik sebelumnya.

Neal Maupay tertangkap kamera melakukan handsball saat berusaha memblok sundulan Harry Maguire pada menit menit akhir pertandingan. Wasit Chris Cavanagh melakukan cek melalui VAR, dan memberikan penalti untuk Manchester United. Fernandes, yang menjadi eksekutor penalti, sukses menjalankan tugas dengan baik.

Manchester United pun menang dramatis dengan skor 3 2 atas Brighton. Keputusan wasit Chris Kavanagh memberikan penalti setelah laga berakhir menimbulkan kontroversi di publik, terutama bagi warganet di sosial media twitter. Jawabannya iya, merujuk peraturan di handbook International Football Association Board (IFAB) mengenai penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang dirilis oleh FIFA.

Dalam pasal 8 ayat 13, disebutkan bahwa wasit memungkinkan untuk melakukan ulasan VAR meski telah dibunyikan peluit panjang babak pertama berakhir atau laga berakhir. "Wasit meniup peluit untuk babak pertama berakhir atau laga berakhir kemudian berkomunikasi karena ada potensi kesalahan dalam insiden yang terjadi sebelummnya, bisakah wasit meninjau insiden tersebut?," bunyi peraturan IFAB. "VAR seperti halnya asisten wasit, bila dia merasa ada insiden yang memerlukan peninjauan, maka boleh dilakukan asal wasit belum meninggalkan lapangan."

"Petugas VAR harus memberi tahu wasit segera untuk menghentikan pemain dari keluar lapangan. Kemudian insiden ditangani sesuai prosedur VAR. Wasit berhak memberhentikan, menunda, dan memulai lagi pertandingan." Dengan kemenangan ini, Manchester United kini mencatat 1 kemenangan dalam 2 laga yang sudah dilakoni. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer mengoleksi 3 poin dan barada di peringkat 13 klasemen sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *