Wamendag Pastikan Pasokan Bahan Baku Bidang Kesehatan Lancar

Wamendag Pastikan Pasokan Bahan Baku Bidang Kesehatan Lancar

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memastikan pasokan bahan baku bidang kesehatan berjalan lancar. Menurutnya, Kementerian Perdagangan memiliki dua peran penting dalam hal kesehatan dan ekonomi yang sedang dan akan dilaksanakan. “Syukur progress kita baik dalam hal ini. Indikatornya harga masker, vitamin, hazmat, obat obatan maupun alat kesehatan yang terkait dengan itu sekarang relatif sudah kembali ke harga normal,” ucap Jerry dalam Rakorpim lintas kementerian dan lembaga mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

“Itu kan kerja keras dari Kemendag bersama kementerian dan lembaga lain. Kemendag memastikan pasokan bahan baku lancar baik dari dalam maupun luar negeri,” sambung dia dalam keterangan yang diterima Senin (28/9/2020). Dia bilang ekonomi Indonesia sama dengan negara lain menerima dampak karena Covid. Meskipun begitu, dampak yang didapat Indonesia tidak sedalam negara negara lain.

“Dibandingkan dengan rata rata negara negara lain, kita cukup baik mitigasi ekonomi. Itu tidak lepas dari reaktivasi sistem perdagangan yang dilakukan. Perdagangan itu kan indikator ekonomi, baik di level makro maupun mikro,” ucap Mantan anggota Komisi I tersebut. Jerry mengatakan dia menyadari bahwa tantangan yang dirasakan adalah menyelenggarakan perdagangan yang relatif aman dari penyebaran Covid 19. Wamen milenial itu yakin kalau ekonomi Indonesia di kuartal keempat akan makin baik.

“Dalam perspektif Kementerian Perdagangan, khususnya perdagangan luar negeri, ia yakin Rakorpim ini akan menghasilkan visi presiden agar neraca perdagagan terus positif,” ucap dia. Jerry mengatakan, koordinasi yang lebih erat perlu dibangun karena ada perubahan lingkungan politik ekonomi yang cukup signifikan. Hal ini berkaitan dengan negara lain yang makin protektif dan perubahan konsumsi di pasar luar negeri yang bergeser karena tuntutan dampak Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *