4 Hal ini Merupakan Tanda Adanya Stres di Dirimu

Stres merupakan salah satu masalah mental yang bisa dialami banyak orang pada kehidupan sehari-hari. Terdapat sejumlah tanda yang bisa ditimbulkan oleh tubuh ketika tengah stres.

Beberapa gejala ini bisa cukup terlihat seperti munculnya kondisi sulit tidur. Rasa sakit dan pegal di seluruh tubuh juga bisa jadi tanda adanya stres dalam diri seseorang.

Walau begitu, tak semua gejala stres ini bisa sangat mudah dikenali. Beberapa gejala biasanya tidak disadari sebagai tanda terjadinya stres. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah hal yang tanpa disadari merupakan tanda adanya stres.

Pelupa

Kesulitan mengingat hal-hal tertentu bisa jadi muncul karena stres yang kamu alami. Ketika sedang stres, sistem saraf tubuh manusia terpengaruh dan menyebabkan perubahan di otak yang menyebabkan terjadi masalah pada ingatan dan kecerdasan seseorang.

Suara Berdenging di Telinga

Munculnya denging di telinga atau tinnitus dapat menjadi pertanda munculnya stres di tubuh. Ketika kamu memang sudah memiliki tinnitus, mengalami stres bisa memperburuk gejala penyakit di telinga ini.

Tiba-Tiba Mengalami Alergi

Baik munculnya bersin atau munculnya rasa sesak di dada, stres ternyata berhubungan dengan munculnya alergi secara tiba-tiba. Berdasar sebuah penelitian, alergi disebut sebagai penyakit yang mempengaruhi pikiran dan tubuh yang juga kerap dialami oleh seseorang dengan stres yang tinggi.

Gigi Bergemeretak

Stres bisa membuat gigimu bergemeretak ketika tidur tanpa kamu sadari. Hal yang biasa disebut juga sebagai bruxism ini biasanya terjadi pada pria dibanding wanita terutama pada mahasiswa. Hal ini menyebabkan kamu mengalami rasa sakit di sagu ketika bangun tidur.

Berbagai gejala tersebut bisa jadi tanda kamu telah mengalami stres. Pastikan untuk berkonsultasi dan memeriksa kesehatan jiwa jika kamu mengalami sejumlah gejala tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *