78 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 77 Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 76

78 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 77 Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 76

Inilahjawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk Kelas VI SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3. Buku Tematik Terpadu Kelas 6 Tema 3 mempelajari materi berjudul Tokoh dan Penemuan. Sementara itu, Subtema 1 membahas tema berkaitan Penemu yang Mengubah Dunia.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, dan 31untuk Pembelajaran 3. Pembahasan Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Push Up dan Sit Up adalah gerakan yang cukup berat. Oleh karena itu, terdapatsedikit perbedaan gerakan Push Up dan Sit Up bagi siswa laki laki dan siswaperempuan.

Siswa diminta untuk berlatih melakukan gerakan tersebut. Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan. Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti untukmenghindari cedera.

Setelah berlatih, diskusikan hal berikut bersama beberapa teman di kelas! 1. Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya! Jawab:

Ya, berhasil. Penjelasannya, karena saya mampu melakukan push up sesuai jumlah yang ditentukan. 2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Jawab: Saya tidak menghadapi kesulitan karena dilakukan sesuai batas kemampuan. 3. Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

Jawab: Rencananya, saya akan menambah gerakan lain selain ketiga gerakan tersebut. Misalnya, berlari, mengkonsumsi makanan sehat, dan menjaga pola tidur.

4. Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)? Jawab: Variasi untuk gerakan push up, pull up, sit up, dan loncat tegak adalah mengabungkannya dalam satu gerakan berkesinambungan.

Pertama lakukan loncat tegak, kemudian mendarat, dan loncat kembali untuk melakukan pull up 1 kali. Setelah selesai pull up langsung duduk dan melakukan gerakan sit up 1 kali. Barulah balikkan badan hingga posisi telungkup dan melakukan push up satu kali.

Lalu, kembali berdiri dan ulangi gerakan di atas. Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya: Jawab: Paragraf 1

Penemuan arus listrik oleh Michael Faraday yang membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Paragraf 2 Arus listrik merupakan gelombang elektromagnetik yang mampu merambat walau tanpa media perantara.

Di mana arus listrik yang dihasilkan dari generator di pusat pembangkit listrik. Disalurkan melalui kabel jaringan listrik tegangan tinggi berupa menara menara tinggi menuju ke gardu gardu penerima di berbagai daerah. Kemudian, arus listrik disalurkan menuju ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3 Arus listrik yang diterima kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik. Rangkaian ini biasanya berada di atap untuk tempat dudukan lampu di sakelarnya dan colokan listrik untuk digunakan pada peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

Perbedaan rangkain seri dan parallel, yakni rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet. Paragraf 4 Penggunaan rangkaian seri pada lampu senter dapat membuat nyala lampu senter lebih terang.

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia. Sehingga kita harus bijaksana saat menggunakan listrik.

Jawablah pertanyaan berikut untuk memastikan isi tulisanmu pada diagramtelah sesuai dengan isi bacaan! 1. Apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut? A. Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis, yaitu tentang:

• Perjalanan arus listrik. • Manfaat listrik pada kehidupan warga dunia. 2. Apakah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteriaberikut?

A. Mendukung topik utama yang disampaikan pada paragraf pertama,dengan menuliskan data data yang berurutan, singkat, dan jelassehingga mudah untuk dimengerti. Data tersebut harus berisi tentang: • Pengertian arus listrik. • Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumahwarga.

• Pemanfaatan listrik di rumah warga. 3. Apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut? A. Kesimpulan isi teks bacaan, yaitu tentang peran penting listrik bagikehidupan manusia.

B. Pesan/ide/pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitutanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan dalam kesehariannya. Diskusikan jawabanmu bersama teman! Sampaikan hasil diskusi kepadagurumu! Jawaban disesuaikan dengan pendapat masing masing siswa

Sekarang, kamu akan mencoba untuk menjadi penemu cilik! Ayo, kita lakukan! Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya. Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri sederhana.

Amati kembali gambar rangkaian seri pada lampu. Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan bahan yang kamu miliki.

Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibuat teman teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda. Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat. Cermati pertanyaan berikut!

1. Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik? Jawab: Ya, menyala dengan baik.

2. Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain! Analisis penyebab perbedaan tersebut! Jawab: Lampu saya lebih terang dibandingkan milik teman saya.

Ternyata kualitas lampu yang digunakan teman saya kurang baik. 3. Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian milik teman yang menyala! Temukan kesalahannya dan perbaiki! Jawab:

Lampu saya menyala. 4. Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan! Temukan permasalahannya! Jawab:

Lampu saya tidak mudah putus karena jumlah baterai yang digunakan sesuai. Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan. Jawab:

Laporan Kegiatan Percobaan Nama Percobaan: Membuat rangkaian lampu seri sederhana Tujuan Percobaan : Mengetahui proses aliran arus listrik Melatih kreativitas

Alat alat: Alat: Tang dan cutter Bahan: Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi. Langkah Kerja: 1. Membuat tanda pada triplek untuk menentukan titik letak masing masing komponen.

2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan. 3. Kupas ujung kabel dengan cutter, kemudian hubungkan ke terminal positif dudukan baterai. 4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut lalu hubungkan ke terminal saklar.

5. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk menghubungkan terminal saklar ke terminal fitting lampu serta terminal fitting lampu ke terminal negatif baterai. 6. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel dengan terminal setiap komponen. 7. Pasang lampu ke masing masing fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai.

8. Rangkaian selesai dibuat. Kesimpulan: Rangkaian seri membuat arus listrik mengalir dalam satu jalur.

Jika satu lampu dinyalakan, lampu yang lain juga menyala. Begitu juga ketika dimatikan. Kamu akan membuat rangkaian lampu paralel pada pertemuan berikutnya.

Diskusikan bersama teman dan guru kemungkinan susunan komponen– komponen pada rangkaian lampu paralel tersebut. Sekarang kamu akan membuat daftar alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian paralel sederhana dan membuat rangkaian lampu lalu lintas untuk minggu depan. Kamu dapat membuatnya dalam satu kelompok kecil. Diskusikan pembagian tugas secara adil. Bekerja samalah dengan baik sehingga percobaan kalian minggu depan akan berjalan dengan lancar.

Jawab: Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Paralel Bahan yang diperlukan:

Bohlam 3,8 volt, fungsinya sebagai penghasil cahaya, jumlah yang diperlukan 1 buah. Baterai 1,5 volt, fungsinya sebagai sumber arus listrik, jumlah yang diperlukan 2 buah Dudukan baterai, fungsinya sebagai dudukan baterai, jumlah yang diperlukan 1 buah

Papan triplek, fungsinya sebagai alas rangkaian, jumlah yang diperlukan 20 x 30 cm Kabel, fungsinya sebagai penghantar listrik, jumlah yang diperlukan 30 cm Saklar, fungsinya sebagai penyambung dan memutus arus listrik, jumlah yang diperlukan 1 buah

Fitting lampu, fungsinya sebagai dudukan lampu dan penghubung lampu dengan kabel, jumlah yang diperlukan 1 buah Selotip atau lem, fungsinya menempelkan komponen ke papan triplek dan Merekatkkan baterai serta kabel, jumlah yang diperlukan secukupnya. Alat yang digunakan:

Tang, fungsinya memotong kabel dan menyambung kabel, jumlah yang diperlukan 1 buah Gunting, fungsinya memotong kabel, jumlah yang diperlukan 1 buah Cutter, fungsinya mengupas kabel, jumlah yang diperlukan 1 buah

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu telah bersikap tertib dan disiplin saat melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana? Bagaimana rencana perbaikan sikapku?

Kamu dapat mendiskusikan hasil percobaan rangkaian lampu sederhana kepada orang tua di rumah. Temukan jika terdapat rangkaian seri lampu di rumahmu, kemudian cobalah untuk mengidentifikasi ciri cirinya. *) Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Memiliki kaki yang berseput Paruh berbentuk sudu Tidak mengerami telurnya

Leher panjang. Memiliki kumis Ada bantalan halus di telapak kaki

Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik Memiliki alat kesimbangan pada telinga. Memiliki sisik pada tubuhnya

Memiliki sirip untuk berenang Hidup di air Bernapas menggunakan insang.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *