Gula & Garam Sudah Boleh Diberikan Sejak Anak Berusia Enam Bulan

Gula & Garam Sudah Boleh Diberikan Sejak Anak Berusia Enam Bulan

Saat anak masuk usia enam bulan dan mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) anak sudah bisa diberikan berbagai makanan sekaligus untuk mengenalkan berbagai rasa ke anak. Dokter Spesialis Anak RSUI, dr. Ahmad Rafli SPA mengatakan gula dan garam pun sudah bisa dikenalkan sejak anak usia enam bulan asal diberikan sesuai dengan porsinya. "Enam bulan gula garam it's okay jadi untuk anak merasakan makanan dam itu penting ya ibu ibu," ungkap dr. Rafli saat webinar bersama RSUI, Rabu (19/8/2020).

Garam dan gula juga termasuk asupan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan rasa yang khas dari gula dan garam bisa membuat anak jadi lahap makan. Dr. Rafli mengingatkan jangan sampai gara gara orangtua menahan memberikan makanan tertentu saja anak bosan gak mau makan dan berat badan turun. "Anak anak itu gak mau makan berat badan turun nanti gangguan perkembangan biasanya ibu datang berat badan anak udah gak naik dan masalah anak gak aktif lebih banyak tidur itu gizi buruk," kata dr. Rafli.

Dr. Rafli juga mengingatkan sejak anak usia enam bulan berikan juga zat besi yang cukup, baik itu dari makanan maupun sirup khusus zat besi untuk membantu perkembangan otak dan meningkatkan nafsu makan anak. "Zat besi mulai dari usia enam bulan yang bentuk sirup wajib untuk perkembangan otak daya tahan tubuh, dan anak yang kurang zat besi kurang enzim oksidase yang bisa mengurangi nafsu makan," pungkas dr. Rafli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *