Kita Jangan Anggap Enteng Corona Tapi Juga Jangan Takut  Mahfud MD

Kita Jangan Anggap Enteng Corona Tapi Juga Jangan Takut  Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengajak masyarakat untuk tidak menganggap enteng wabah Covid 19 atau virus corona. Meski begitu ia juga mengajak masyarakat untuk tidak terlalu takut dengan covid 19. Hal itu disampaikan Mahfud dalam acara Halal Bihalal Idul Fitri 1441 Hijriah Keluarga Besar Universitas 11 Maret via daring yang disiarkan secara langsung lewat kanal Youtube resmi Universitas Sebelas Maret pada Selasa (26/5/2020).

"Maksud saya, saudara jangan anggap enteng corona. Tapi juga jangan takut betul," kata Mahfud. Dasar Mahfud mengatakan hal tersebut adalah data yang menurutnya menjelaskan perbandingan angka rata rata kematian di Indonesia dengan angka rata rata kematian warga Indonesia yang disebabkan covid 19. "Ada data yang disiarkan oleh Kompas. Berapa data orang mati di dunia ini karena penyakit. Saya katakan di Indonesia itu orang mati setiap hari 4.884 orang rata rata setiap hari. Yang mati karena corona, dari tanggal 1 Januari sampai dengan akhir April, 131 hari itu, sehari rata rata cuma 17. Angka kematian karena kecelakaan lalu lintas itu 9 kali lebih banyak dari corona," kata Mahfud.

Tidak hanya itu, menurut data yang disampaikannya jumlah kematian di dunia karena AIDS, diare, dan kanker lebih besar dibandingkan dengan covid 19. "Berkali kali lebih banyak orang mati karena AIDS dan karena diare. Di dunia itu yang mati karena diare selama 131 hari itu 560 ribu, yang mati karena corona cuma 280 ribu. Itu seluruh dunia. Yang mati karena kanker itu tiga juta orang," kata Mahfud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *