Shopee Gelar Berbagai Program Penjualan Dorong Produktivitas UMKM di Tengah Pandemi

Shopee Gelar Berbagai Program Penjualan Dorong Produktivitas UMKM di Tengah Pandemi

Shopee bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar diskusi bertajuk Shopee Bersama UMKM. Acara ini sebagai upaya Shopee dalam mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia, khususnya di tengah situasi pandemi saat ini. Head of Public Policy and Government Relations Shopee, Radityo Triatmojo mengatakan di tengah situasi ini, penting bagi semua pihak untuk saling bergotong royong menyikapi perubahan yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, termasuk keberlangsungan bisnis pelaku UMKM.

"Melalui gerakan Shopee Bersama UMKM, kami bersama berbagai instansi pemerintahan, berupaya untuk seterusnya dapat senantiasa memberikan solusi dan peluang positif melalui berbagai program inovatif untuk akses ke ruang gerak digital hingga mancanegara, seperti apa yang telah kami implementasikan hingga saat ini. Kami berharap komitmen ini dapat memberikan ‘Sekotak Harapan Baru’ bagi UMKM untuk tetap melangsungkan bisnisnya secara optimal," tutur Radit saat acara, Rabu (12/8/2020). Gerakan Shopee Bersama UMKM yang telah diimplementasikan hingga saat ini, tidak hanya melalui program edukasi, pelatihan SME Go Online dan dukungan stimulus yang telah dihadirkan. Shopee juga senantiasa akan terus hadir untuk memberikan solusi dalam menjaga keberlangsungan bisnis UMKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit menyebut bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan mengambil peran strategis dalam upaya membangkitkan kembali sektor ekonomi negara. Menyikapi keadaan saat ini, sinergitas dengan dukungan terhadap adopsi penerapan literasi digital untuk UMKM, perlu digencarkan secara efektif, guna menstimulasi perputaran roda perekonomian Indonesia secara tidak langsung. "Kami sangat mengapresiasi atas hadirnya berbagai program inovatif untuk mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM dari Shopee Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis solutif untuk para pelaku UMKM di Indonesia kedepannya," terang Victoria.

Setelah sukses menyalurkan dan mempromosikan produk produk mitra brand dan UMKM melalui kampanye ASEAN Online Sale Day, Shopee Indonesia turut menghadirkan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kampanye 17 Agustus Merdeka Sale yang secara khusus mendukung berbagai produk unggul UMKM. Kampanye kampanye ini diinisiasi sebagai bentuk komitmen Shopee dalam menjaga kestabilan dan keberlangsungan bisnis UMKM selama masa pandemi ini. Dalam mendukung literasi digital UMKM, metode pembayaran secara digital ShopeePay, juga menjadi salah satu bentuk sinergitas untuk perkembangan keberlangsungan UMKM di setiap kampanye yang dihadirkan untuk UMKM.

"Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan berbagai program lanjutan yang disinergikan dengan instansi pemerintahan, seperti mengikutsertakan UMKM dari berbagai Kementerian pendukung untuk diimplementasikan ke program UMKM Shopee," jelas Radit. Tak hanya itu, Shopee juga berkomitmen untuk mendukung dan memperluas jangkauan pasar dari produk produk lokal berstandar global terkurasi melalui program ekspor ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Hingga saat ini, Shopee telah berhasil mendukung 20.000 UMKM binaan di dalam kanal khusus Kreasi Nusantara dengan komitmen untuk memperluas jangkauan selanjutnya ke semua negara tempat Shopee beroperasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *