Subtema 1 Pembelajaran 6 KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 6 SD Halaman 41 42 43 Buku Tematik

Subtema 1 Pembelajaran 6 KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 6 SD Halaman 41 42 43 Buku Tematik

Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 SD halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Buku Tematik Tema 2 membahas tentang Persatuan dalam Perbedaan, dan pada Subtema 1 tentang Rukun dalam Perbedaan. Pada Pembelajaran 1, terdapat sejumlah soal atau pertanyaan pada halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 yang harus dijawab oleh siswa sebagai tugas.

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian rakyat juga bisa mendengarnya dari radio atau dari tempat lain. Teks proklamasi yang dibacakan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia. Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?

Teks proklamasi adalah sebuah teks yang ditulis sebagai bukti kemerdekaan negara Indonesia yang di atas namakan kepada bangsa Indonesia dan ditandatangani oleh Soekarno dan Moh Hatta. Teks ini bertujuan untuk membuktikan dan mendapat pengakuan dari negara lain bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajahan negara asing. Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?

Ayo Membaca Menjadi petugas pengibar bendera tidaklah mudah. Tugas tersebut adalah tugas tim yang terdiri dari beberapa orang dan membutuhkan kerja sama yang baik. Setiap anggota harus memahami anggota lain sehingga upacara dapat berjalan dengan khidmat. Menjadi petugas pengibar bendera sangatlah mulia. Bacalah teks berikut dalam hati!

Pengibar Sang Saka Merah Putih Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948). Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956. Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!

Apa: Pengibaran bendera merah putih pertama kali saat proklamasi kemerdekaan. Mengapa: Karena berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Siapa: Latief Hendraningrat dan Suhud adalah orang yang mengibarkan bendera merah putih pertama kali saat proklamasi.

Bagaimana: Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang dimana Ir Soekarno dan M Hatta memproklamasikan kemerdakaan, ada pengibaran bendera merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dan pertama dikibarkan pada saat 17 Agustus 1945 di Pegangsaan TImur. Kapan: Pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Di mana: Di Pegangsaan Timur no 56, Jakarta.

Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri! Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu! Jawaban: Pengibaran bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Latief Hendraningrat dan Suhud adalah pengibar bendera merah putih pertama kati saat proklamasi. Saat menjadi mahasiswa, beliau mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta dan pernah ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Beliau pernah menjabat komandan komando kota ketika BeLanda menyerbu Yogyakarta (1948). Abdul Latif Hendraningrat pernah bertugas sebagai atase mititer RI di Filipina dan Washington hingga tahun 1956. Kamu sudah belajar tentang pentingnya hidup rukun dalam persatuan. Tulislah tiga contoh wujud persatuan dan buatlah rencana untuk mewujudkannya dalam kegiatan di kelasmu! Tulis juga manfaatnya! Jawaban: 1. Piket kelas, membuat kelas menjadi bersih. 2. Saling membantu, membuat ikatan persahabatan menjadi lebih erat. 3. Tidak memilih milih teman, menciptakan persatuan dan kesatuan.

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Bagaimana manfaatnya dalam kehidupan sehari hari? Diskusikan bersama orang tuamu di rumah tentang pentingnya hidup rukun dengan teman! Sampaikan hasilnya kepada guru! Disclaimer: Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Jawaban: 1. Piket kelas, membuat kelas menjadi bersih. 2. Saling membantu, membuat ikatan persahabatan menjadi lebih erat. 3. Tidak memilih milih teman, menciptakan persatuan dan kesatuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *