Tips Cara Instal CCTV Sendiri Dirumah, Lumayan Menghemat Pengeluaran

Cara memasang CCTV perlu diketahui agar Anda bisa memasangnya sendiri. Adanya CCTV menjadi bentuk usaha meningkatkan keamanan rumah Anda atau properti lainnya.

CCTV merupakan kependekan dari Closed-circuit television atau televisi sirkuit tertutup, yang lebih dikenal sebagai pelengkap keamanan. Tak sedikit orang yang kini merogoh kocek besar untuk membeli beragam peralatan penunjang lain, seperti monitor pengawas, penyangga kamera, DVR (Digital Video Recorder), dan tentunya kamera.

Sebagai bentuk menghemat pengeluaran, tak jarang pula yang mencari cara memasang CCTV sendiri. Langkahnya pun mudah, seperti mengoperasikan listrik dan elektronik pada umumnya. Beberapa kamera pengawas CCTV juga kini sudah bisa dioperasikan dan dipantau melalui smartphone Anda, dengan bantuan aplikasi.

Kemudahan yang ditawarkan oleh beragam produk CCTV, akan membantu Anda, baik dalam pemasangan dan mengoperasikan. Berikut beberapa cara memasang CCTV sendiri dengan mudah, tak perlu repot memanggil teknisi.

Perencanaan Sebelum Memasang Kamera CCTV

Aspek terpenting dalam memasang sistem kamera CCTV adalah memilih tempat yang tepat untuk kamera dan DVR, supaya bisa memaksimalkan jangkauan kamera dan meminimalkan panjang kabel. Dilansir dari Mr.Right, pemilihan lokasi yang tepat akan mengurangi kerugian sejajar yang memengaruhi kualitas video.

Berikut beberapa tips memilih lokasi kamera CCTV, dikutip dari CCTVman:

1. Untuk di dalam ruangan, pilih sudut dalam ruangan dari mana sebagian besar pintu masuk ke ruangan terlihat. Apa yang ingin dipantau dan mendapat tampilan terbaik.

2. Kabel dan koneksi harus dijauhkan dari cuaca seperti hujan.

3. Sangat dianjurkan untuk memasang kamera CCTV di posisi yang tinggi dan jauh dari bahaya.

4. Tempatkan kamera cukup dekat dengan area yang ingin diawasi. Posisi terbaik ialah dari atas sekitar 4 meter.

5. Pastikan kamera hanya memiliki tampilan langit sangat minim pada siang hari. Karena dapat membuat gambar latar depan menjadi gelap (siluet).

6. Pikirkan tentang kemungkinan besar cara pencuri berpotensi masuk. Gunakan kamera pengawas untuk mendapatkan gambar terbaik di tempat tersebut.

7. Casing kamera yang tahan air serta kondisi cuaca yang berbeda. Serta kabel dan konektor yang diberi perlindungan tambahan.

8. Meski kamera tahan cuaca dan anti air, tapi jika terlalu lama berada di cuaca buruk, seperti sinar matahari atau lembab yang berlebihan. Akhirnya dapat merusak komponen internal dan memengaruhi kinerja kamera.

9. Saat memasang kabel CCTV, hindari untuk menekuknya di sudut tajam. Tidak memasang kabel dekat kabel listrik utama. Arus listrik akan menghasilkan ‘noise’ yang bisa mengganggu sinyal dari kamera.

Memasang CCTV Sendiri

Tempatkan unit kamera di tempat yang diinginkan, buat tanda panduan untuk mengebor. Berikut langkah mudahnya:

1. Bor lubang dan palu di cetakan sekrup. Jika Anda memasang kamera CCTV ke kayu, sekrup kamera langsung ke permukaan. Untuk mengarahkannya, kendurkan tiga sekrup yang terletak di dasar kamera. Kubah penutupnya bisa diputar kiri atau kanan.

2. Kemudian, kencangkan kamera dengan kuat. Masukkan kabel daya kamera ke dalam soket.

3. Pastikan hubungkan output video dan kabel power listrik DC kamera dengan koneksi yang sesuai.

4. Lalu hubungkan ujung kabel masing-masing koneksi pada input video ke DVR.

5. Pastikan ujung kabel terkunci dengan baik.

6. Sambungkan power adaptor ke stopkontak. Bila Anda menggunakan banyak kamera, gunakan kabel power splitter jika ada.

Menempatkan DVR

DVR CCTV adalah tempat di mana hard disk pengawas berada. Jadi semua rekaman CCTV Anda berada di dalam DVR. Sangat disarankan untuk menyimpan DVR di dalam kompartemen terkunci sehingga meskipun penyusup melihat DVR, dia tidak dapat menghancurkan video yang direkam. Ini adalah langkah penting untuk memastikan sistem keamanan untuk rumah Anda.

Mengelola Kabel

Rencanakan alur atau arah untuk semua kabel dari kamera ke unit DVR. Gunakan cetakan kawat agar kabel tetap terkelola dengan aman. Paku cetakan kawat di sepanjang dinding dan letakkan kabel pengintai di dalamnya.

Menghubungkan Kabel

Cara memasang CCTV sendiri selanjutnya menghubungkan kabel dengan port BNC:

1. Kabel video dihubungkan melalui port BNC.

2. Lepaskan sekitar 1,5 cm penutup luar kabel video yang sekarang akan memperlihatkan kawat kepang.

3. Geser laras crimping ke kabel dengan diameter yang lebih lebar menghadap ke ujung kabel.

4. Sekarang lepaskan isolator putih yang menutupi kabel paling dalam.

5. Lalu masukkan kabel yang terbuka ini ke port BNC dan kencangkan laras crimping. Ini akan membuat koneksi aman.

6. Hubungkan port output DVR ke layar di mana Anda menginginkan untuk memantau video.

Nyalakan Sistem CCTV

1. Mulailah dengan menyalakan kamera diikuti dengan layar dan DVR.

2. Siapkan DVR sesuai dengan panduan pengguna yang disediakan dengan DVR.

3. Periksa setiap kamera untuk mengonfirmasi, bahwa semua kamera berfungsi dengan baik. Serta memberikan sudut pandang yang diinginkan.

Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *