Seiring Bertambahnya Usia Kamu Akan Lebih Sulit Tidur, Berikut Penjelasanya

Posted by

Seiring bertambahnya usia, terutama ketika sudah berusia lanjut, kita bakal semakin kesulitan untuk tidur. Semakin kita tua, tidur berkualitas dan nyenyak biasanya semakin sulit dicapai.

Kondisi tidur pada saat lanjut usia ini tentu saja berbeda dengan yang terjadi saat kita masih anak-anak. Ketika masih kecil, kita bisa tidur dengan sangat nyenyak, mudah dan lama.

Data penelitian tahun 2017 dari Sleep Medicine Clinics menyebut bahwa sekitar 40 hingga 70 persen lansia mengalami masalah tidur kronis. Hal ini rupanya bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi yang kita alami. Tentu saja ini bukan disebabkan oleh anggapan bahwa orang tua hanya membutuhkan sedikit jam tidur.

“Penuaan tidak berarti kita jadi hanya membutuhkan sedikit tidur,” terang Abhinav Singh, MD dari National Sleep Foundation, dilansir dari Livestrong.

“Walau menua, tidur yang kita butuhkan tetap konsisten,” sambungnya.

Hal ini berarti bahwa baik muda atau tua, orang dewasa membuatuhkan waktu tidur antara tujuh hingga sembilan jam. Lalu mengapa kita menjadi sulit tidur ketika bertambah tua? Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah alasan mengapa kita menjadi lebih sulit tidur seiring bertambahnya usia.

1. Kondisi Kesehatan Tertentu

Banyak penyakit dan masalah kesehatan termasuk heartburn, arthritis, gagal jantung, dan penyakit paru-paru menjadi penyebab sulit tidut di malam hari. Belum lagi terjadinya masalah tidur seperti apnea tidur serta gerakan-gerakan yang kita lakukan pada saat tidur yang sangat mengganggu.

Pada wanita, masa-masa menopause bisa menyebabkan keringat di malam hari serta masalah tidur. Semakin banyak masalah kesehatan yang kita alami di malam hari, semakin tinggi juga risiko masalah kesehatan yang menanti.

2. Sering Buang Air di Malam Hari

Kebiasaan buang air kecil di malam hari saat tidur ini biasa dialami lansia dan disebabkan masalah kesehatan seperti pembesaran prostat. Hal ini biasa terjadi seiring bertambahnya usia seseorang.

Obat yang dikonsumsi seiring bertambahnya usia juga bisa menjadi penyebab terjadinya hal ini. Selain menyebabkan lebih sering buang air besar, sejumlah obat yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab insomnia dan gangguan tidur.

3. Evolusi

Banyak lansia yang tidur lebih awal dan kemudia terbangun tengah malam lalu tak dapat tidur. Salah satu peenyebab hal ini terjadi adalah akibat adaptasi di masa lalu dari manusia.

Adaptasi ini dilakukan olah manusia demi keberlanjutan spesies mereka. Hal ini dilakukan oleh manusia untuk berjaga dari serangan yang terjadi.

4. Tidur Lelap yang Kurang

Seiring bertambahnya usia, bukan hanya kuantitas tidur saja yang berkurang. Kualitas tidur yang kita miliki juga berkurang.

Lansia cenderung lebih sebentar tidur lelap serta tidur dalam tahap REM. Hingga saat ini masih belum dapat dijelaskan mengapa hal ini terjadi. Hanya saja secara kualitas dan kuantitas, jumlah tidur lansia terus berkurang.

5. Lebih Banyak Rasa Sakit dan Tak Nyaman

Sejumlah masalah kesehatan lebih rentan kamu alami seiring bertambahnya usia terutama pada masalah tulang, otot, dan sendi. Hal ini bisa membuatmu merasakan munculnya sakit ketika beraktivitas secara normal.

Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang juga diketahui bakal semakin menipis. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman di seluruh tubuh yang bakal membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *