6 Makanan Nutrisi Otak Anak yang Bagus untuk Kecerdasan si Kecil

Posted by

Superfood merupakan makanan dengan sumber makanan yang kaya akan nutrisi dan juga dianggap sebagai makanan utuh atau makanan yang dalam kondisi murni dan tidak diproses. Superfood kaya akan kandungan vitamin dan juga antioksidan. Tak ayal, superfood disebut juga dengan makanan nutrisi otak anak. Nah, berikut ini beberapa makanan yang bagus untuk kecerdasan anak.

1. Ikan dan Kerang-kerangan

Ikan dan kerang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan akan melaporkan hasil yang memuaskan dalam tes kebugaran.

Jenis ikan laut yang mengandung DHA dan EPA diantaranya adalah ikan salmon, tuna, sarden, tenggiri,  kembung dan juga makarel. Sementara itu, ikan air tawar yang kaya akan DHA dan EPA adalah ikan Tawes.

2. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber makanan yang mengandung zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan fokus di sekolah. Selain itu, mineral dalam daging sapi dapat mendukung daya ingat.

3. Gandum Murni

Otak membutuhkan asupan glukosa yang konstan dari tubuh. Gandum dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Serat yang ada dalam gandum utuh dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, gandum utuh mengandung vitamin B yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

4. Oatmeal

Oat memberi otak energi yang dibutuhkan untuk memulai hari. Itu sebabnya oatmeal adalah menu sarapan yang baik untuk anak-anak. Oat adalah sumber vitamin E, vitamin B, potasium dan seng yang sangat baik, yang menjaga tubuh dan otak bekerja dengan baik.

5. Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak. Serotonin bekerja untuk meningkatkan mood dan menenangkan otak. Selain itu, beras merah jug kaya akan kandungan vitamin B kompleks, yang berguna untuk kesehatan otak.

6. Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein dan karbohidrat. Kacang kaya akan serat, vitamin B, zat besi dan magnesium. Zat tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf pada anak.Salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak adalah kacang kedelai, yang bisa ditemukan pada tahu dan tempe.

Nah itu dia enam makanan nutrisi otak anak yang bisa Anda berikan untuk menunjang pertumbuhan otak si kecil. Selain itu superfood tersebut juga sangat bagus untuk tumbuh kembang anak karena kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.