Guru Berperan Penting Hasilkan SDM Unggul Ma’ruf Amin

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakanv pemerintah menempatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai prioritas nasional. Menurutnya, SDM unggul merupakan kunci memenangkan Indonesia di persaingan global. "SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, memiliki semangat kompetisi, cinta tanah air, bertakwa dan berakhlak mulia," ujar Ma'ruf dalam konferensi pers virtual, Senin (23/11/2020).

Ma'ruf mengatakan SDM unggul dihasilkan melalui proses belajar mengajar. SDM unggul, menurut Ma'ruf, memiliki kriteria berketuhanan, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, memiliki jiwa gotong royong, dan bercara pandang kebhinekaan global. Menurut Ma'ruf, guru memiliki peran penting dalam menghasilkan SDM unggul yang melalui proses belajar mengajar. "Guru punya peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul," kata Ma'ruf.

Meski tugas pengajaran juga menjadi kewajiban seluruh anggota masyarakat termasuk keluarga. Dirinya berharap para pendidik memiliki kompetensi yang baik, sehingga dapat menghasilkan SDM yang proses belajar mengajar. "Diperlukan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi tinggi, dan tidak boleh dilupakan jumlahnya harus memadai sesuai sebaran satuan pendidikan di seluruh tanah air," pungkas Ma'ruf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *