Ini Persyaratan yang Wajib Diketahui Wisatawan Karimunjawa Dibuka Kembali

Wisatawan yang berencana mengunjungi Taman NasionalKarimunjawa, Jepara, Jawa Tengah bisa bernafas lega. Taman Nasional Karimunjawaresmi dibuka kembali dan bisa menerima kunjungan wisatawan mulai Jumat (16/10/2020). Melansir Kompas.com , pembukaan kembaliTaman Nasional Karimunjawadisampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza.

"Karimunjawa bisa dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan," kata Zamroni. "Terhitung mulai tanggal 13 Oktober kemarin Karimunjawa dibuka kembali untuk kegiatan kepariwisataan, tapi baru bisa dikunjungi wisatawan tanggal 16 Oktober karena transportasinya baru dibuka tanggal tersebut," lanjutnya. Ia melanjutkan, pembukaan tahap pertamaTaman Nasional Karimunjawaini sudah berdasarkan rekomendasi Bupati Jepara yang mendapat izin dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain itu, Balai Taman Nasional Karimunjawa juga telah mengeluarkan pengumuman Nomor PG.2/T.34/TU/KSA.0/10/2020 perihal Reaktivasi Kegiatan Wisata Alam Secara Bertahap di Taman Nasional Karimunjawa. Pada pembukaan tahap pertama ini, kata dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan maupun pengelola, salah satunya kuota pengunjung yaitu 100 orang per minggu. "Tahap pertama ini dari Balai Taman Nasional menetapkan kuota 100 orang wisatawan per minggu yang bisa masuk ke sana," ujarnya.

Ia menambahkan, para pengunjung juga wajib melakukan registrasi secaraonlinemelalui . Ketatnya pembukaan TN Karimunjawa juga ditunjukkan dari syarat masuk wisatawan. Zamroni menjelaskan bahwa pengunjung atau wisatawan wajib menunjukkan surat keterangan bebas Covid 19 minimalrapid testagar bisa masuk berwisata ke Karimunjawa.

"Kalau punya hasilswabjuga bisa masuk," jelasnya. Sudah melalui tahap simulasi, begini proses Karimunjawa hingga buka kembali Pembukaan TN Karimunjawa, menurut Zamroni, telah melalui proses yang ketat mulai dari simulasi pembukaan.

Ia menerangkan bahwa TN Karimunjawa dibuka karena memang sudah lolos tahap simulasi pembukaan wisata yang dilakukan pada 18 September 2020. "Kita sudah melakukan simulasi untuk wisatawan mulai dari moda transportasinya. Kedatangan sampai dengan wisatawan itu sampai di Karimunjawa, termasuk aktivitas pariwisatanya di sana sudah kita lakukan simulasi dengan protokol kesehatan," tuturnya. Mendapat hasil yang baik, Karimunjawa kemudian direkomendasikan oleh Bupati Jepara untuk dapat buka kembali.

Zamroni mengatakan, Bupati Jepara kemudian meminta izin pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk pembukaan kawasanwisata Karimunjawa. "Lalu, kemarin kami juga dapat balasan dari provinsi untuk Karimunjawa dapat dibuka kembali dengan protokol kesehatan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *