Mengenal Serba-serbi Tindakan Medik Blepharoplasty Bersama SehatQ

Mengenal Serba-serbi Tindakan Medik Blepharoplasty Bersama SehatQ

SehatQ.com mengerti kalau para wanita selalu ingin tampil cantik dan percaya diri. Sebuah hal wajar, terutama bagi mereka yang memang menyukai tampil di depan umum. Setiap bagian tubuh terutama wajah harus dirawat dengan baik sehingga dapat tampil maksimal. Salah satunya adalah mata.

 

Belakangan di kalangan kaum hawa populer sebuah tindakan medik bernama blepharoplasty, yaitu sebuah prosedur medis yang dapat menghilangkan kulit atau lemak pada bagian kelopak mata. Tujuannya agar memperbaiki penampilan juga lapang pandang. Sering juga disebut operasi kelopak mata. Tindakan ini dipercaya dapat membuat mata terlihat lebih indah dan besar.

Mengenal Tindakan Medik Blepharoplasty

 

Sebenarnya, tidak masalah apabila ingin melakukan prosedur blepharoplasty. Namun, sebelum melakukannya Anda harus tahu dahulu apa saja hal-hal penting di balik operasi yang termasuk dalam bidang bedah kecantikan (plastik) ini. Berikut beberapa hal mengenai blepharoplastry yang SehatQ.com rangkum untuk Anda:

1.     Kondisi yang Menyebabkan Operasi Kelopak Mata

Semakin bertambahnya usia, maka jaringan pada kelopak mata juga kehilangan elastisitasnya sehingga membuat bagian kelopak mata terlihat kendur. Selain itu, ada juga faktor keturunan yang membuat kelopak mata terlihat kendur dan mengganggu penampilan.

 

Dalam keadaan ini banyak yang memilih untuk melakukan prosedur blepharoplasty agar bisa memperbaiki jarak pandang juga penampilan. Selain alasan tersebut, beberapa kondisi berikut juga memerlukan tindakan blepharoplasty:

 

  • Cedera pada mata.
  • Ptosis, yaitu kelopak mata atas yang jatuh ke bawah dengan tidak normal atau kendur.
  • Masalah pada pertumbuhan bulu mata.
  • Grave disease, karena dapat berefek pada kelopak mata yang membengkak.

2.     Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Blepharoplasty

Sebelum Anda melakukan prosedur blepharoplasty, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Perlu melakukan konsultasi dengan beberapa dokter, yaitu dokter spesialis mata, dokter bedah, dan dokter mata ahli rekonstruksi, sebab prosedur blepharoplasty bukanlah tindakan medik ringan. Anda perlu membicarakan riwayat kesehatan dan meminta pendapat ahli apakah prosedur blepharoplasty akan berefek negatif pada kesehatan atau tidak.
  • Pastikan Anda tidak memiliki alergi, mata kering, glaukoma, serta masalah tiroid atau diabetes.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, obat herbal, suplemen, vitamin, minuman beralkohol, atau rokok, merupakan hal yang harus dihindari sebelum prosedur blepharoplasty. Khusus untuk rokok, Anda harus berhenti mengonsumsinya beberapa minggu sebelum tindakan dilakukan.
  • Lakukan pemeriksaan kondisi mata dengan melakukan beberapa tes penting. Biasanya akan diambil foto untuk melihat ukuran kelopak mata dan melakukan tes penglihatan.

 

3.     Risiko yang Mungkin Terjadi

Setiap tindakan medik tentu akan memiliki risiko, begitu pula dengan prosedur blepharoplasty. Beberapa risiko yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Mata kering atau iritasi pada mata.
  • Cedera otot mata.
  • Terbentuk parut di sekitar mata.
  • Sulit meuntup mata.
  • Perubagan warna kelopak mata.
  • Kebutaan sementara atau permanen. Namun, hal ini jarang terjadi.

 

Bukan hanya melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan mental, tapi juga harus menyediakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika tujuan prosedur blepharoplasty adalah untuk kecantikan. Karena tidak akan ditanggung BPJS Kesehatan, sebab termasuk dalam prosedur operasi plastik. Jadi, siapkan dana pribadi apabila memang ingin melakukan prosedur ini.

 

Melakukan tindakan medis baik tujuannya untuk kesehatan atau kecantikan memerlukan pertimbangan matang. Sebab akan mempengaruhi kesehatan Anda. Mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia kesehatan, baik tentang perawatan, obat-obatan, maupun tindakan medik, bisa dilakukan dengan mengunjungi laman website SehatQ.com.

 

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan langsung tentang hal-hal mengenai dunia kesehatan. Dengan platform kesehatan ini Anda juga bisa dengan mudah menemukan artikel kesehatan melalui fitur tag yang disediakan.

 

Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/operasi-kelopak-mata-untuk-mempercantik-diri
  2. https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/bedah-plastik/operasi-kelopak-mata
  3. https://www.halodoc.com/artikel/ini-prosedur-operasi-plastik-pada-lipatan-mata

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *