PB IDI Minta Pemerintah Sediakan APD untuk Dokter dan Tenaga Medis di ”Garis Depan”

PB IDI Minta Pemerintah Sediakan APD untuk Dokter dan Tenaga Medis di ”Garis Depan”

Setelah meninggalnya enam dokter yang bertugas menangani wabah virus corona ( Covid 19) di Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) berharap pemerintah dapat segera memenuhi kebutuhan peralatan kesehatan yang memadai bagi dokter dan seluruh tenaga medis. Terutama, kebutuhan terkait alat pelindung diri ( APD) demi menjaga dokter dan para tenaga medis lainnya dari ancaman penularan virus corona. "Segera disediakan dan didistribusikan APD ke RS atau ke petugas kesehatan yang membutuhkan yang berada di lini terdepan yang merawat pasien Covid 19," pinta Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih kepada Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Menurut dia, jumlah APD yang digunakan tenaga medis saat ini masih belum mencukupi meski sudah ada bantuan dari pemerintah pusat untuk didistribusikan ke seluruh wilayah yang memiliki kasus positif Covid 19. Oleh karena itu, ia berharap agar kebutuhan tersebut segera dipenuhi karena menjadi kebutuhan mendesak. "Kami masih butuh banyak. Kabar dari BNPB akan ada gelombang bantuan APD selanjutnya yang lebih banyak," ucap dia.

Sebelumnya, 100.000 APD telah disalurkan pemerintah melalui TNI untuk sejumlah wilayah yang menjadi skala prioritas penanganan Covid 19. Menurut laporan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, sebanyak 40.000 unit APD telah disalurkan menuju Balai Kota DKI Jakarta dengan pengawalan dari Kodam Jaya pada Minggu (22/3/2020) malam. Kemudian sebanyak 25.000 unit APD diterbangkan menuju Semarang, DI Yogyakarta, Surabaya dan Bali pada hari ini Senin (23/3/2020) dari Bandung.

Selanjutnya sebanyak 25.000 unit APD didistribusikan untuk wilayah Jawa Barat, Bogor dan Banten. Sedangkan 10.000 unit APD akan disimpan sebagai cadangan. Selain itu, bantuan APD yang sebelumnya diberikan pemerintah China juga telah tiba di Jakarta, Senin pagi, dan diterima langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Bantuan APD itu terdiri atas baju pelindung sebanyak 20.000 unit, masker N95 15.000 unit, disposable gloves 10.000 unit, disposable masks 150.000 unit, kacamata goggles 10.000 unit dan rapid test kit 100.000 unit.

Setelah menerima, APD itu langsung diserahkan Prabowo secara simbolik kepada perwakilan TNI, RSPAD Gatot Subroto dan RS Dokter Suyoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *