Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Tubuh kita terdiri atas 50% air, sehingga kebutuhan akan air harus selalu terpenuhi setiap harinya. Ada banyak manfaat minum air putih bagi proses kinerja tubuh, seperti menjaga suhu tubuh, transportasi nutrisi, menyerap zat makanan dan masih banyak lagi.

Setiap harinya, manusia dianjurkan untuk meminum air putih minimal 2 liter perhari atau setara delapan gelas air. Agar seluruh kinerja organ di dalam tubuh mampu berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Berikut beberapa manfaat minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menjaga kalori tubuh

Banyak program diet saat ini yang mengharuskan seseorang untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Meski hal ini tidak berefek langsung pada penurunan berat badan, tetapi mengganti air sebagai asupan kalori sangat efektif dilakukan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh University State of Pennsylvania.

Membangkitkan massa otot

Jika tubuh mengalami kekurangan cairan dan elektrolit, massa otot kita akan mengalami kelelahan. Hal ini membuat kemampuan otot menjadi lemah dan mampu mengganggu aktivitas kita. Bagi Anda yang suka berolahraga, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air yang banyak sebelum berolahraga. Agar kesehatan otot selalu terjaga.

Menjaga dan mempertahankan fungsi usus

Jika kita mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan setiap hari, hal ini akan menjaga fungsi usus agar berjalan dengan baik. Anda juga akan terhindar dari sembelit dan ambeien. 

Kekurangan air putih membuat usus susah menyerap cairan yang berasal dari feses, hanya untuk menjaga tubuh agar tidak terhidrasi. Yang mana hal ini tentu tidak baik untuk tubuh kita.

Feses merupakan kotoran yang menumpuk di tubuh kita yang seharusnya dikeluarkan, bukan malah diserap kembali.

Fungsi ginjal terpelihara

Salah satu fungsi cairan dalam tubuh adalah sebagai alat transportasi limbah, baik untuk keluar atau masuk ke dalam tubuh. Limbah tersebut nantinya akan diproses oleh ginjal, sehingga akan keluar bersamaan dengan urine.

Jika cairan di dalam tubuh kurang, maka ginjal akan bekerja lebih ekstra untuk mengeluarkan limbah racun di tubuh. Hal inilah yang biasanya menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Menjaga kerja jantung

Seperti yang kita ketahui, salah satu fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi lainnya, yaitu menyalurkan sari-sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi banyak air putih, kadar darah akan menjadi lebih encer, sehingga peredaran menjadi lancar dan kerja jantung menjadi ringan.

Melancarkan pencernaan

Dalam prosesnya, usus menggunakan air untuk mendorong sisa hasil pencernaan ke organ pembuangan. Sebelumnya ususnya juga mengolah sisa hasil pencernaan ini menjadi bentuk yang mudah dikeluarkan oleh tubuh. Jika cairan di dalam tubuh kita berkurang, akan terjadi penumpukan sisa makanan di dalam usus dan mampu menyebabkan sembelit.

Menjaga elastisitas kulit

Kulit merupakan lapisan tubuh bagian luar yang bersinggungan langsung dengan lingkungan, polusi, debu dan kotoran. Sehingga keelastisitasannya bisa berkurang dan rusak.

Air putih dapat membantu mengembalikan kondisi kulit ini seperti semula. Menjaga kelembabannya dan memperbaiki sel kulit yang mati.

Mencegah dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit

Dengan banyak mengkonsumsi air putih, beberapa penyakit kulit yang biasa kita alami akan lebih cepat disembuhkan. Beberapa penyakit itu antara lain, jerawat, eczema dan psoriasis.

Demikian segudang manfaat minum air putih untuk tubuh selalu sehat. Agar lebih terjaga kondisi kita, lakukanlah pola hidup sehat dan pola makan sehat setiap hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *